Dewan Himbau Disperindag Aktif di Lapangan

Tidak ada komentar 438 views

images (12

Antisipasi produk berbahaya dan ilegal

Pekanbaru, Riau Andalas.com– Antisipasi perdagangan dan makanan berbahaya, DPRD Riau minta Disperindag Riau aktif dilapangan. Sehingga tindakan perdagangan maupun makanan seperti berbahaya dan kadaluarsa bisa ditindak lanjuti sebagai mana mestinya.

Himbauan tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman. Dikatakannya, kegiatan aktif dilapangan oleh Disperindag itu menimbang kemyamanan untuk masyarakat yang juga bisa dikoordinasikan dengan pihak terkait seperti BBPOM dan lainya. Apa lagi saat ini memasuki bulan ramadhan dan lebaran yang merupakan bulan munculnya seluruh jenis makanan, baik makanan dari luar negri maupun lokal.

“Kita tidak tau jenis apa makanan yang akan muncul kedepanya, untuk itu Disperindag harus mengawasinya, agar tingkat kenyamamanan masyarakat terjamin dalam mengkosumsi,” ujarnyanya.

Lebih jauh politisi Demokrat ini, menyampaikan, saat ini ia masih banyak mendengar informasi produk yang bisa membahayakan pada kesehatan masyarakat. Termasuk produk yang tidak memiliki label halal. Untuk itu diharapkan Disperindag Riau juga bisa mengkoordinasikan dengan pihak terkait dilapangan. Sehingga produk-produk tersebut bisa ditarik dari peredaran.

“Kita kan tidak tau produk itu halal atau tidak, bahkan kita juga tidak tau bisa membahayakan. Untuk kita harus meningkatkan kewaspadaan, terutama dalam produk makanan ini,” tutur Noviwaldy.