Dewan Awasi PPDB Sekolah di Riau

Tidak ada komentar 403 views
example banner

disdik

Sekolah mulai Gesah PPDB
Pekanbaru, Riau Andalas.com-Sekolah-sekolah di Provinsi Riau mulai gesah buka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) untuk siswa. Diantaranya tingkat SMA dan SMK negeri se-Riau yang telah dimulai dimulai hari ini, (Senin 20/6. Red).

Proses PPDB diselenggarakan dengan sistem online yang labih terbuka dan transparan. Dimana dengan sistim online tersebut pendaftaran siswa akan terlihat tingkat kelulusan atau tidaknya, karena diambil dari nilai siswa yang secara otomatis nilai siswa rendah akan tersingkir sesuai dengan ketentua nilai minimal yang diterima pihak sekolah.

Kendati saat ini sekolah menggunakan sistim online, bukan berarti tidak ada kesempatan dan peluang bagi sekolah untuk bermain dalam PPDB. Dimana hal itu bisa saja memamfaatkan cara lain. Seprti jalur guru dan warga tempatan. Sehingga dampaknya akan merugikan masyarakat dan pendidikan kedepan.

Agar kecurangan dan kejadian itu bisa diatasi, DPRD Riau melalui Komis E selaku mitra pendidikan akan ikut melakukan pengawasan dan pengawalan selama penerimaan siswa baru oleh pihak sekolah. Agar penerimaan siswa itu sesuai dengan harapan pemerintah dalam pemerataan pendidikan pada masyarakat.

Seperti yang disampaikan Anggota Komisi E DPRD Riau Ade Hartati. Jika dalam pelaksanaan PPDB ini, ia bersama pihak komisi akan melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan pihak terkait. Baik Dinas pendidikan maupun pihak sekolah yang melakukan PPDB.

“Kita akan pantau PPDB ini, agar pendidikan kita lebih merata kedepanaya,” kata Ade.

Sesuai perencanaan kementrian pendidikan dan kubdayaan (Kemndikbud) katanya, tahun depan sekolah tingkat SMA sederajat akan menjadi kewenangan provinsi. Untuk itu kita juga memiliki kewjiban untuk mengawasi dan mendukung agar lebih baik. Karena tujuan pemerintah mengalihkan kewenangan itu untuk menjadi yang lebih baik. Sehingga sebagai mitra kerja dengan Disdikbud Ria kita juga bertanggung jawab dengan kemajuan dan perkembangan pendidikan tingkat SMA kedepan.

“Intinya saat ini, bagaimana kita bisa memajukan pendidikan ini kedepanya. Karena pendidikan ini merupakan hal yang harus diutamakan,” tuturnya.

Sementara Kepala Disdikbud Riau Dr Kamsol MM, mengatakan, PPDB untuk tingkat SMA sederajat saat ini masih tanggung jawab kabupaten kota. Dimana prosesnya berlangsung selama empat hari kedepan, yaitu 21 hingga 23 Juni 2016 mendatang.

Sedangkan untuk pedoman penerimaan siswa sudah ditetapkan berdasarkan Peraturan Walikota (Perwako) Pekanbaru Nomor 37/2016, yang akan mengatur tentang persyaratan, daya tampung serta kuota sekolah.

“Mudah-mudah PPDB ini berjalan lancar, begitu juga daya tampung sekolah sesuai dengan harapan dan ketentuan yang suidah diaturkan,” tutur Kamsol. (***)