Bentuk Tim Khusus Siapkan SOP, Pangdam : Saya Sedih Prajurit Saya Gugur, Demi Memadamkan Kebakaran Lahan

example banner

DSC_1209 (1)

BAGANSINEMBAH, Riau Andalas.com – Panglima Kodam (Pangdam) Satu IBukit Barisan,” Mayjend TNI Lodewyk Pusung melakukan Lawatan kerja ke Koramil 03/Bagansinembah, (Rabu 31/8) siang.

Dalan lawatannya, Pangdam  didampingi Bupati Rokan Hilir, H. Suyatno MAp bersama Dandim 0321/Rohil Letkol Arh. Bambang S, yang disambut ketua MPC PP, Taem Pratama  langsung menuju Makoramil 03/Bagansinembah yang sudah ditunggu para Camat dan Datuk penghulu dari empat kecamatan, yakni kecamatan Bagan Sinembah, Bagan Sinembah Raya, Balai Jaya dan Simpang Kanan.

Lawatan kali ini, Pangdam menegaskan agar camat dan datuk penghulu diminta untuk dapat bersama-sama mensosialisasikan larangan membakar lahan (Karlahut).

“Saya minta,”Jangan ada lagi membuka lahan dengan membakar, “satu prajurit saya sudah gugur, tolonglah, jangan lagi membakar,” pintanya.

Diceritakannya, sebelum tiba ke Bagan Batu, Pangdam langsung mengunjungi lokasi dimana Pratu Wahyudi gugur saat memadamkan Karlahut di Labuhan Tangga Besar, Kampung Medan, kecamatan Bangko, Rohil.

“Saya sedih, prajurit saya gugur demi memadamkan kebakaran lahan, saya lihat, lokasi penemuan jasad Pratu Wahyudi itu lahan yang tidak terbakar, tetapi tubuhnya sudah terbakar, artinya saat itu dia berjuang melepaskan diri dari kepungan api, dia berlari dengan kondisi tubuh terbakar, kasihan saya, sedih saya, tapi itu semua tugas negara,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga, Pangdam menyampaikan bahwa dalam lawatannya ini ia juga sembari mengumpulkan data lapangan, sebab Pangdam telah membentuk Tim Khusus untuk mempersiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam melakukan pemadaman.

“Secepatnya SOP akan kita siapkan, kita tidak ingin ada lagi prajurit yang gugur akibat pemadaman kebakaran lahan,, tapi tetap, intinya jangan bakar lahan, saya tidak main  – main, saya akan data penduduk pendatang yang buka lahan, kalau identitas tidak jelas, saya tangkap saya pulangkan ke kampungnya,” tegas Pangdam.

Sebelumnya, Bupati Rohil Suyatno dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kedatangan Pangdam, dengan kedatangan Pangdam ini dapat memberikan pencerahan-pencerahan demi kebaikan Rokan Hilir.

“Ini kehormatan bagi kita, semoga camat dan datuk penghulu yang hadir mendapat pencerahan demi kemajuan kita bersama,” ujarnya. (Ms)