Berita utamaLingkunganPemerintahanRiau

Riau Segera Terima Bantuan Pesawat TMC

Ilustrasi

PEKANBARU, Riauandalas.com – Provinsi Riau mulai memasuki musim kemarau yang juga menjadi ancaman terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Hal tersebut, juga sesuai titik hotspot yang beberapa hari belakangan ini terdeteksi oleh BMKG di beberapa wilayah Riau.

Guna mengantisipasi, titik hot spot tersebut tidak meluas atau menimbulkan kebakaran pemerintah pusat segera menurunkan banruan pesawat untuk Riau. Yaitu pesawat Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau.

Informasi tersebut disampaikan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal, Rabu (23/6) di Pekanbaru. Dikatakannya jika pesawat tersebut diperkirakan tiba di Riau pada tanggal 1 Juli bukan depan.

“Kita dapat kabar bantuan pesawat TMC dari BPPT itu akan dikirim tanggal 1 Juli depan,” katanya.

Terkait jumlah pesawat TMC yang akan dikirim BPPT ke Riau, ia mengatakan saat ini baru satu unit yang kedepannya juga melihat dan menilai pada situasi dan kondisi di Riau. Yang pasti diharapkan bantuan pesawat saat ini bisa mengatasi dan membuat curah hujan buatan dengan baik.

“Insyaallah bulan Juli depan itu sudah dilakukan TMC, yang juga membantu pencegahan Karhutla sebelum terjadi Riau,” ujarnya.

Menurut Edy, untuk Karhutla saat ini mulai terjadi dibeberapa kabupaten kota di Riau. Diantaranya di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Dimana kebakaran yang terjadi berada di Labuhan Tangga, Kecamatan Bangko yang sebelumnya sudah berhasil dipadamkan tim satuan tugas (Satgas) Karhutla darat dan udara.

“Alhamdulillah kebakaran di Labuhan Tangga, Bangko, Rohil sudah clear, sekarang sedang pendinginan,” tutupnya.(dre)