LingkunganPekanbaruRiau

Berikut Upaya Pemprov Riau Tekan Karhutla

PEKANBARU, Riauandalas.com- Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution mengatakan bahwa keberhasilan dalam menanggulangi karhutla pada tahun 2020 yaitu mengacu pada tahun-tahun sebelumnya sehingga Pemprov Riau melakukan evaluasi dan mengikuti sesuai arahan presiden.

Hal tersebut diungkapkan Wagubri saat menjadi narasumber pada Diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) dengan tema “Tangkas Tangkal kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)” yang disiarkan langsung melalui kanal youtube FMB9ID_IKP, Senin (31/5).

“Inilah yang kita lakukan, evaluasi dan melaksanakan arahan presiden salah satunya untuk melakukan deteksi dini dan dengan dasar itulah kita mencoba mengambil langkah-langkah di 2020 bisa terlaksana dengan terkoordinasi,” ujarnya.

Lebih lanjut Wagubri menjelaskan, penanggulangan Karhutla di Provinsi Riau tentunya melibatkan berbagai pihak mulai dari TNI, Polri, Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Menggala Agni, Masyarakat peduli api dan semua tokoh dilibatkan dalam menangani masalah tersebut.

“Bahkan sesuai instruksi bapak presiden untuk melibatkan Babinsa dan Babinkamtibmas juga kita lakukan untuk pencegahan karhutla di Provinsi Riau,” ucapnya.

“Kita laksanakan patroli secara bersama sama kemudian secara dini ada program yang kita lakukan yaitu Dashboard Lancang Kuning,” tambahnya.

Dashboard Lancang Kuning dimotori oleh Polda Riau juga berguna untuk mengetahui titik api yang begitu muncul secara real-time yang mana bisa memetakan posisi titik api baru tersebut berada di wilayah mana.

Dengan bantuan dari Dashboard Lancang Kuning tersebut, pihaknya dapat langsung menginstruksikan kepada personil yang sudah berada di lapangan.

Sehingga di seluruh wilayah yang ada di Riau berdasarkan pemetaan daerah rawan kebakaran maka sudah ada personil yang sudah siap untuk patroli setiap hari.

“Hal inilah yang membuat Riau di tahun 2020 bisa menekan tidak terjadi kebakaran yang lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya,” tutupnya.