Hukum&KriminalNasionalRiauRohul

Kapolres Rohul Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Muara Takus  2019

ROKAN HULU, Riauandalas.com  – Kamis (29/8/2019) sekira 08.30 Wib, bertempat di Lapangan Makopolres Rohul Kecamatan Rambah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Patuh Muara Takus 2019, Bertindak selaku Pimpinan Apel Kapolres Rohul AKBP M.Hasyim Risahondua S.I.K M.Si dengan Perwira Upacara Kasat Lantas AKP Irnanda Oktora S.I.K M.I.K  dan Komandan Apel Ipda H.Sitorus.

Hadir pada Apel Gelar Pasukan ini Bupati Rokan Hulu H Sukiman, Dandim 0313/ KPR Letkol Inf. Aidil Amin SPi, diwakili Danramil 02 Rambah Kapten Inf Junaidi, Kajari Rohul Fredy Daniel Simanjuntak, Ketua PN Pasir Pengaraian Sunoto, SH, MH, Kalapas Pasir Pengaraian M.Lukman. AMD.IP SH.M.Si Kasatpol PP Rohul, Andi Anto SH MH, Kepala Dinas Perhubungan Rohul Drs. Sofwan, dan Kepala Rayon PLN Pasir Pengaraian, Safaruddin ST.Juga hadir perwakilan Jasa Raharja wilayah Rohul,

Selain itu tampak hadir Waka Polres Rohul Kompol Willy Kartamanah. AKS SIP M,Si, Pejabat Utama Polres Rohul, Kapolsek Jajaran dan seluruh Perwira Polres Rohul serta seluruh peserta apel gelar Pasukan.

Untuk Pasukan Apel terdiri dari personel TNI dari Kodim 0313/KPR, Personel Polres Rohul dari semua Satuan Fungsi, Anggota Satpol PP, Sen Kom dan Dishub Rohul serta Petugas Kesehatan dari Dinas Kesehatan dan PMI Kabupaten Rokan Hulu

Apel Gelar Pasukan ini ditandai dengan Pemeriksaan Pasukan oleh Pimpinan Apel didampingi Bupati Rohul H.Sukiman beserta Forkopimda, dan Pemasangan Pita Tanda Operasi oleh Pimpinan Apel kepada perwakilan personel dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

Kapolres Rohul AKBP M.Hasyim Risahondua selaku Pimpinan Apel membacakan amanat tertulis Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) pada Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Muara Takus 2019, berikut petikannya:

Polri telah menetapkan Operasi Patuh Muara Takus  2019 yang akan digelar selama 14 hari dimulai dari tanggal 29 Agustus s/d 11 September 2019,secara serentak di wilayah Propinsi Riau, sasaran Prioritas operasi Patuh Muara Takus 2019 ada 7 Target adalah sebagai berikut :
(1) Pengemudi menggunakan Handphone, (2) Pengemudi melawan arus, (3) Pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu, (4).Pengemudi dibawah umur, (5).Pengemudi dan Penumpang sepeda motor yang tidak menggunakan Helm SNI (6).Pengemudi Kendaraan bermotor menggunakan Narkoba / Mabuk. (7) Pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

Dengan penindakan sasaran pelanggaran lalulintas tersebut,maka diharapkan opersai patuh Muara Takus tahun ini dapat menekan jumlah korban fatalitas dan meminimalisir kemacetan lalulintas serta terwujudnya Kamseltibcarlantas yang mantap.

Kepada seluruh jajaran ditekankan selama operasi agar, memanjatkan do’a sebelum melaksanakan tugas, utamakan faktor Keamanan dan Keselamatan dengan mempedomani Standar operasional Prosedur yang ada, yang terpenting hindari Pungli dan lakukan tugas operasi patuh muara takus dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat ” tegasnya.

Untuk diketahui Operasi Patuh Muara Takus 2019 Polres Rohul dengan melibatkan 55 personel gabungan, terdiri dari personel Polri, personel TNI, personel Kementerian dan dinas terkait, juga personel Satpol PP.

Sesuai Amanat UU No 22 Tahun 2009 Tentang lalu lintas dan angkutan jalan raya diharapkan untuk mewujudkan dan memelihara keamanan dan kelancaran serta ketertiban berlalulintas (Kamseltibcar Lantas) dan meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalulintas, selain itu membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan pelayanan kepada Publik , ini merupakan hal yang komplek tidak bisa ditangani oleh Polantas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusinya yang harus diterima dan dijalankan oleh semua pihak.

Tujuan yang hendak dicapai dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan ini yaitu, untuk mengecek kesiapan personel, dan seluruh aspek Operasi termasuk sinergitas dan soliditas komponen penyelenggara,Pelihara soliditas dan sinergitas dengan seluruh komponen serta laksanakan setiap penugasan dengan penuh semangat, dan tanggung jawab.

***( Alfian Tob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *