PemerintahanRohul

Sekda Rohul Tinjau Kerusakan Jalan di Kampung Tinggi Rokan IV ‎Koto

ROKAN HULU, Riauandalas.com – Rusaknya ruas jalan di Rokan menuju Desa Koto Ruang Kecamatan Rokan IV Koto sekitar 9 Km yang selama ini dikeluhkan masyarakat, mendapat direspon oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Di hari libur Nasional, Selasa (20/11/2018), Sekda Rohul H Abdul Haris SSos Msi langsung tinjau kondisi jalan tanah yang rusak ke lapangan, didampingi Kepala Dinas PUPR Rohul Anton ST MM, Kepala Bappeda Rohul Nifzar SP MIp, Kepala Satpol PP dan Damkar Rohul Andi Yanto SH MH, Staf Ahli Bupati Jaharuddin SP MM, Sekretaris Dinas PUPR Rohul H Zulfikri ST.

Pemkab Rohul merespon cepat atas kerusakan ruas jalan Dusun Sangkir, Kampung Tinggi Desa Koto Ruang sepanjang 9 Km menuju ke Ibukota Kecamatan Rokan IV Koto. Karena sudah hampir lebih kurang 12 tahun, ruas jalan menuju tiga kampung di Desa Koto Ruang, dengan jumlah 330 Kepala Keluarga (KK), belum telaksana kegiatan pemeliharaan ruas jalan desa.

Sekda Rohul H Abdul Haris, Selasa (20/11/2018) sore mengaku, dirinya langsung turun kelapangan melihat kondisi rill kerusakan ruas jalan menuju tiga kampong di Desa Koto Ruang, atas adanya laporan dan keluhkan masyarakat setempat yang sangat sulit aksesnya untuk menuju ibukota Kecamatan Rokan IV Koto.

Kondisi kerusakan jalan sepanjang 9 Km tersebut, dulunya jalan itu telah telah dibuka sebagai akses masyarakat menuju ibukota kecamatan. Saat ini, selain badan jalan tanah yang tergerus oleh air hujan dan berlubang, dikiri kanan sudah ditumbuhi rumput ilalang.

“Kita dapat laporan dari masyarakat, saya meminta Kepala Dinas PUPR Rohul turun langsung ke lapangan meninjau kondisi yang sebenarnya. Jalan tanah sepanjang 9 Km sulit dilalui kendaraan roda dua, karena di badan jalan berlubang, dan tergerus oleh air yang sangat membahayakan bagi masyarakat penguna jalan,’’ imbau Sekda.

Diakui Sekda, jika ada masyarakat di tiga kampung tersebut sakit atau mau melahirkan, kendaraan roda dua sangat sulit melintasi jalan tanah yang rusak menuju ibukota kecamatan Rokan IV Koto.

“Bila ada yang sakit, untuk membawa ke luar menuju ibukota kecamatan harus dipikul masyarakat. Kerena kendaraan roda dua sulit melintasi jalan tanah yang bergelombang dan semak ilalang dikiri kanan badan jalan,’’ ucap Sekda.

Dengan merespon cepat, kata Sekda Abduk Haris, dirinya meminta Dinas PUPR Rohul segera menurunkan alat berat ke lokasi. Namun terjadi kendala menyeberangi sungai ada jembatan gantung, yang tidak bisa dilintasi alat berat.

Sehingga dengan cara dipreteli, bucket alat berat ditanggalkan kemudian diangkat menggunakan truk. Disamping itu, didaerah tersebut ada pasir dan batu (Sirtu) untuk pengerasan jalan tanah tersebut.

‘’Sejak pagi hingga petang, kerusakan jalan sepanjang 9 Km, 3 Km jalan tanah sudah selesai dilakukan pemeliharaan dengan cara pengerasan dan jalan itu sudah bisa dilalui dengan mobil.

Dijadwalkan,  Rabu (21/11/2018), Dinas PUPR turunkan beko loader, greder  agar pemeliharaan jalan desa ini lebih cepat pengerjaannya. Kemudian, karena cuaca ekstrim terkadang hujan dan panas, Sekda berharap pelaksanaan pemeliharaan ruas jalan rokan-kampung tinggi Kecamatan Rokan IV Koto, ditargetkan tuntas secepatnya diperbaiki oleh Dinas PUPR Rohul.

Sehingga akses masyarakat Desa Koto Ruang dalam mengeluarkan hasil pertanian menuju ibukota Kecamatan Rokan IV Koto lancar dan berdampak pada peningkatan ekonomi  masyarakat setempat. (Alfian tob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *