NasionalPemerintahan

Kiagus Ahmad Badaruddin sebagai Kepala PPATK menggantikan M Yusuf siang ini di Istana Negara

kiJAKARTA, Riau Andalas.com – Rabu (26/10)  Presiden Joko Widodo akan melantik Kiagus Ahmad Badaruddin sebagai Kepala PPATK menggantikan M Yusuf siang ini di Istana Negara. Bagaimana profil Kiagus Ahmad Badaruddin?

Dikutip dari data Kementerian Keuangan, Rabu (26/10/2016), Kiagus lahir di Palembang tanggal 29 Maret 1957 (59 tahun). Dia menempuh pendidikan Diploma III Ekonomi Perusahaan dan S1 ekonomi Manajemen di Universitas Sriwijaya Palembang. Gelar Sarjana Ekonomi diraihnya tahun 1986.

Kiagus lalu menempuh pendidikan S2 di University of Illinois at Urbana-Champaign dan mendapatkan gelar Master of Science pada tahun 1991. Perjalanan karir di Kementerian Keuangan dirintis sejak tamat SMA tahun 1977, dimulai dari posisi pelaksana hingga menduduki berbagai jabatan lainnya.

Pada tahun 2003 Kiagus diangkat sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selanjutnya pada tahun 2006 kembali ke Kementerian Keuangan dengan menjabat sebagai Direktur Sistem Perbendaharaan, Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

Setelah itu, Kiagus dipercaya menduduki jabatan Direktur Pelaksanaan Anggaran sejak tahun 2008 hingga 2009 di Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Ki Agus lalu dilantik menjadi Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan di tahun 2009.

Pada Januari 2011, Kiagung menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara hingga ditugaskan sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Pada tanggal 13 Januari 2012 ditetapkan sebagai Sekjen Kementerian Keuangan, dan pada 1 Juli 2015 dilantik menjadi Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan.

Atas pengabdian Beliau hingga saat ini, Presiden Republik Indonesia menganugerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya XXX tahun

Pejabat senior di Kementerian Keuangan itu membenarkan dirinya akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo pukul 09.45 WIB sebagai Kepala PPATK menggantikan M Yusuf yang habis masa jabatannya.

“Ya saya baru terima undangannya (pelantikan), tapi belum terima SK-nya,” ucap Kiagus Ahmad Badaruddin saat dihubungi detikcom pagi ini.

Sumber detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *