Berita utamaPemerintahanRohil

Seminar Umum IDI, Bupati Rohil : Ikuti Protokol Kesehatan Agar Negri Ini Selamat Dari Covid 19.

Rokan Hilir, Riau Andalas Com – Bupati Rokan Hilir, H Suyatno AMp, resmi membuka Seminar Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Rokan Hilir, Dengan Tema Tantangan Hidup New Normal Di Era Pendemi 19 bertempat di gedung Misran Rais, Kelurahan Bagan Barat, Kecamatan Bangko, Kamis 18 Juni 2020.

 

Dalam Pelaksanaan agenda seminar IDI ini Bupati Rokan Hilir, H Suyatno AMp Didampingi Ketua DPRD Rohil, Maston, Kajara Rohil Gaos Wicaksono SH MH, Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MIPol, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH Dan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Rohil Suratmin S.PA.

 

Adapun hadir yaitu, Tokoh Agama, Organisasi dan seluruh Kepala Puskesmas Se Rokan Hilir serta Plt Kadis Kominfotiks Hermanto S.Sos.

 

Sebelumnya, Ketua IDI Rokan Hilir, Suratmin S.PA mengatakan bahwa Rokan Hilir masih zona hijau, tentunya ini merupakan jerih payah kerja keras dari tim gugus tugas yang terdiri berbagai unsur elemen.

 

“mudah mudahan ini bisa membawa kita hidup sehat selalu agar covid tidak masuk ke Rohil lagi. Apapun ceritanya kita tetap jaga kesehatan, pakek masker dan jaga jarak kalau bisa setiap rumah harus ada tempat cuci tangan Tak usah mahal mahal sabunnya sabun batang lebih efektif,”Terangnya.

 

Menghadapi New Normal ini Sambung Suratmin bahwa semua tahu 3 bulan sebelum ini pengawasan atau controlling dan kemudian semua protokol-protokol telah diikuti untuk menghindari terjadinya atau penularan covid 19, pertama di Rokan Hilir.

 

Menurutnya, 3 bulan sudah dilewati kini masuk Pasar Baru, Pasar Baru ini adalah fase yang harus menghadap dari yang kemarin supaya perilaku perilaku yang kemarin itu bisa dikerjakan sekarang ini. Numun pada intinya adalah untuk pencegahan covid 19, dimana ada tiga langkah. yang pertama rajin-rajin mencuci tangan yang kedua selalu pakai masker ke mana pun berada kemudian yang ketiga itu jaga jarak.

 

“selebihnya kita serahkan kepada Allah tapi untuk pencegahan covid-19 itu hanya 3. jalani hidup seperti biasa Karena kita udah melewati masa – masa yang sulit kemarin, dan yang 3 ke depan ini kita ikuti aja apa yang sudah kita kerjakan adaptasi dan kita kembali dengan kehidupan, jaga jarak pakai masker,”Tutupnya.

 

Sementara itu, Bupati Rokan Hilir H Suyatno AMp menyebutkan hari ini telah menghadiri seminar Ikatan dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Rokan Hilir tentang new normal dalam rangka covid 19, dan banyak hal yang disampaikannya.

 

“Untuk kita ketahui bersama sampai hari ini Rohil masih zona hijau, hanya Rohil saja tinggal bertahan lagi di provinsi Riau ini. harapan saya tentunya kita harus kerja sama antara pemerintah daerah dengan seluruh komponen masyarakat, kita harus bertahan di zona hijau ini bagaimana upaya-upaya kita tadi yang sudah disampaikan dokter,”Jelas Dia.

 

Bupati meminta agar masyarakat tetap mengikuti aturan protokol kesehatan, dimana mau keluar rumah harus menggunakan masker dan cuci tangan bersih bersih serta jaga jarak lantaran kalau diikuti protokol kesehatan mungkin negeri yang beliau pimpin akan selamat semua.

 

“ikut aturan protokol kesehatan, mudah – mudahan Rohil tetap bertahan di zona hijau, harapan saya kerjasama yang baik antara pemerintah masyarakat organisasi pemuda tokoh masyarakat dan lain sebagainya. kita juga memberikan apresiasi kepada para dokter yang ada di Rokan Hilir, dan tenaga medis yang ada di Rokan Hilir, siang malam melayani mas syarakat apa lagi Covid 19 ini. Di lapangan kita tahu itu, banyak sekali yang hal-hal mungkin dirasakan kurang enak lah, tetapi saya katakan kita jangan mundur kita tetap terus berjuang bagaimana Rohil ini bisa bertahan di zona hijau,”Beber Orang nomor satu di pemerintahan itu.

 

Ditambahkannya, terkait dengan New normal memang sekarang pemerintah sudah memberikan kelonggaran kelonggaran normal yang ada khususnya Rokan Hilir, terutama sekali prilaku-prilaku ekonomi ini sudah mulai bergerak sehingga selama Pendemi Covid 19, ekonomi sangat dirasakan kekurangannya. Namun dengan nilai normal ini kembali lagi seperti biasa tapi tetap mengacu kepada protokol kesehatan.

 

“kedai kopi juga usaha, yang lain juga demikian tapi Harapan kita acuan kita tetap dengan protokol kesehatan. kalau ini kita patuhi kita sadari masyarakat kita akan selamat, yang paling penting itu jangan membantah apa yang disarankan oleh petugas ikuti aja yang terbaik. ibarat berbatasan dengan Sumatera Utara Riau juga berada di tengah-tengah apalagi kita berada di jalan lintas ini cukup ramai manusia yang lewat di tempat kita ini, sekeli lagi kita sampaikan tetap waspada dan kerjasama yang baik,”Pungkasnya.(Said)***