Berita utamaInternasional

Duka Dari Kota Makkah, Subani Firdaus Samad Thaha Jemaah BTH – 08 Meninggal di KKHI

ARAB SAUDI,Riauandalas.com – Berita Duka datang dari kota Makkah Al Mukarramah, Salah seorang Jemaah haji Provinsi Riau yang tergabung dalam BTH – 08 asal Kota Pekanbaru Meninggal dunia, Jumat menjelang Subuh (16/6/23) di KKHI Makkah. Jemaah dengan nomor porsi 0400084499 atas nama Subani Firdaus Samad Thaha tersebut memiliki riwayat penyakit jantung. Demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Dr. H. Mahyudin MA, yang sekarang juga sedang berada di kota Mekkah.

Lebih lanjut Mahyudin mengatakan Jemaah gabungan Pekanbaru dengan Rokan hilir tersebut diberangkat pada tanggal 28 Mei 2023.

“Almarhum sebelumnya demam biasa. Kemaren masih sempat bergurau. tadi sebelum subuh sekitar jam 3 lewat tiba-tiba sesak dan langsung dilarikan ke KKHI. Beliau wafat sekitar pukul 04.15 menurut keterangan KKHI waktu azan subuh menjelang”. Sebagaimana laporan Pembimbing ibadah Dr. H. Zulfadli kepada Ka. Kanwil Kemenag Riau.

Mendapat berita duka tersebut Ka. Kanwil Kemenag Riau menyampaikan Duka Cita yang mendalam atas meninggalnya Jemaah BTH – 08 tersebut.

“innalillahiwainnailaihirojiun, saya atas nama pribadi, maupun Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau serta PPIH Embarkasi Haji Antara Riau menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Bapak Subani Firdaus Samad Thaha, semoga Almarhum ditempatkan bersama orang – orang yang Allah Ridhoi dan keluarga yang ditinggalkan tabah menghadapi cobaan ini”.

Lebih lanjut Mahyudin juga mengatakan Jemaah haji yang meninggal belum sempat melaksanakan ibadah haji maka akan ibadah hajinya akan dibadal hajikan oleh petugas.

“Jemaah haji yang meninggal sebelum sempat melaksanakan ibadah puncak haji, maka haji nya akan dibadalkan oleh petugas yang telah ditunjuk”.

Saat ini jenazah sedang diurus oleh pihak Maktab 21 untuk dilakukan pengurusan Jenazah mulai dari memandikan, mensholatkan sampai dengan Pemakaman menjadi tanggung jawab Maktab.

Subani Firdaus Samad Thaha merupakan Jemaah asal Pekanbaru yang bergabung dengan Jemaah Kab. Rokan Hilir dalam BTH – 08. Beliau berangkat menunaikan ibadah haji bersama dengan istri.