advertorialBerita utamaRohul

Wabup H Indra Gunawan Dinobatkan Gelar Datuk Timbalan Setia Amanah Setia Nuguay 

ROKAN HULU–Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rokan Hulu (Rohul) memberikan penabalan gelar kepada Wakil Bupati (Wabup) dan Ketua DPRD beserta Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rohul  di Lembaga LAMR Rohul, Komplek Pemda Pasir Pengaraian, Senin (13/12/2021)

Penabalan gelar kepada Wabup Rohul, H Indra Gunawan, dihadiri  Bupati  H Sukiman, Dandim 0313 KPR Letkol INF Leo Oktavianus M Sinaga S
Sos.

Kemudian, Kajari Rohul Pri Wijeksono SH MH, Waka Polres Rohul Kompol Adi Prabowo SH SIK MH,  Ketua DPH LAMR Rohul Datuk Seri H Zulyadaini dan lainnya.

Dalam penabalan gelar, Wabup H Indra Gunawan mendapat gelar Datuk Seri Timbalan Setia Amanah Setia Nuguay.

Sedangkan Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra diberi gelar Datuk Setia Mufakat Panglimo Mudo.

Sedangkan, tiga Wakil Ketua DPRD Rohul lainnya, Nono Patria Pratama mendapat gelar Datuk Timbalan Mufakat Sindoro Paduko amanah, Hardi Chandra dengan gelar, Datuk Timbalan Setia Sindoro Mudo Julang Amanah dan Andrizal dengan gelar Datuk Timbalan Setia Mufakat Panglimo Alim.

Diakui Wabup, gelar ini merupakan sebuah amanah, diberikan  Masyarakat melalui LAM Rohul.

Dengan demikian gelar ini juga sebagai pengakuan dari masyarakat dalam istilah Melayu (Dituakan selangkah dan ditinggikan seranting red-).

“Gelar ini kami terima dengan senang hati, ibarat pepatah melayu, kurang Telapak Tangan Biru (Penampi) kami tampungkan, atas penghormatan yang tinggi tersebut,” katanya

“Saya baik atas nama pribadi dan keluarga akan berusaha sekuat tenaga, pikiran dan waktu untuk mengemban amanah ini,” tuturnya

“Dalam  memajukan masyarakat adat di Negeri Seribu Suluk, kita akan seiring dan sejalan, Sedayung dan segalah, seirama serta senada, memajukan Rohul,” imbuhnya.

“Kemudian,  meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” Kata Wabup di hadapan tokoh adat waktu itu.

Lanjutnya, pemberian gelar adat ini, bermakna seperti dido’akan Masyarakat Rohul  agar setia dan amanah dalam memimpin negeri yang religius ini.

“Semoga kami dapat mengembangkan, melestarikan adat dan budaya Melayu Rohul,” tambah Wabup.

Sementara itu, Bupati, H Sukiman  mengatakan mengucapkan selamat atas gelar yang diberikan LAMR Rohul kepada Wabup dan Ketua beserta Ketua DPRD Kabupaten Rohul.

“Semoga  ini tidak hanya sebatas seremonial semata, melainkan memberikan tanggung jawab kepada yang mendapatkan gelar sekaligus,” tuturnya

“Sehingga  dapat memberikan kontribusi positif terhadap pelaksanaan pembangunan kemajuan Kabupaten Rohul, seperti yang kita harapkan,” kata Bupati.

Lanjut Bupati, pada prinsifnya gelar yang diberikan merupakan harapan dari masyarakat melalui Lembaga Adat Rohul. “Oleh karena itu, kita harus menjaganya,” katanya.

“Karena Gelar yang diberikan terkandung harapan dan impian masyarakat untuk dapat diwujudkan dalam kehidupan masyarakat,” pungkas Bupati H Sukiman mengakhiri.

(Gaery Pemkab Rohul)