Berita utama

Instruksi Bupati Afrizal Sintong DLH Rohil Kembali Lakukan Penggalian Normalisasi

Rokan Hilir, Riau Andalas Com – Menghadapi musim penghujan Yang juga mengakibatkan Dipermukiman Rumah Warga Terjadi Banjir Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir Kembali melakukan pembersihkan saluran air.

“Hal ini kita lakukan sebagai upaya pemerintah daerah  mengantisipasi terjadinya banjir di musim hujan, khususnya di ibu kota kabupaten,”kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir Suwandi S,Sos Kamis 19 Agustus 2021.

Kata Suwandi Pembersihan saluran air yang dilakukan pihaknya seperti Sungai Garam lantaran Sungai garam itu adalah salah satu sungai yang menampung debit air dari kota Bagansiapiapi dan sekitarnya.

“Oleh karena kondisi sungai garam sudah mengalami penangkalan maka dilakukan normalisasi ulang,”Imbuhnya.

Sesuai dengan instruksi Pak Bupati bahwasanya meminta agar Sungai garam yang menampung debit air,  karena kondisinya saat ini sudah mulai terjadi pendangkalan maka DLH melakukan normalisasi.

“Normalisasi dari simpang jalan sungai ini sampai ke Pelabuhan Bagan Hulu yang Diperkirakan panjangnya sekira  2 Km Dan sungai pabrik parit atmo Di bt 4 kita lakukan juga penggalian Normalisasinya”Jelasnya.

Menurutnya dengan di normalisasikan sungai garam itu bisa sedikit mengurangi debit air yang ada di perkotaan, seperti  Jalan Bahagia, Jalan Selamat, Jalan Siak, Jalan Madrasyah dan sekitarnya.

“Apabila musim penghujan, selama ini kita lihat di ujung sungai ini (Bagan Hulu) masih ada rumah-rumah liar yang berdiri di atas badan jalan. Oleh karena itu sampai hari ini upaya kita tidak maksimal. Kita lakukan pembersihan karena terganggu dan terhalang oleh rumah-rumah tersebut,” jelasnya.

Dia berharap penduduk yang mendirikan bangunan liar diujung sungai garam  dapat dipindahkan ketempat lain.

“tinggal nanti kedepannya bekas tempat tinggal mereka yang selama ini merupakan badan jalan itu bisa kita tata, kemudian pada saat penggalian kita tidak mengalami kendala lagi di lapangan sehingga warga dapat terhindar dari banjir,”Pungkas Suwandi.(Said)***