Berita utama

3 Unit Bot Bubu Tarik Papan Dari Sumut Di Amankan Diperairan Rohil, Dir Polairud Polda Riau Diduga Tak Mau Dikonfirmasi

Rokan Hilir, Riau Andalas Com – 3 Unit Bot BuBu Tarik Papan Dari Sumut Beroperasi Diperairan Kecamatan Pasir Limau Kapas Panipahan, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau Ditangkap atau diamankan Pol Airud Polres Rokan Hilir Beberapa waktu lalu tepatnya Di Bulan Suci Ramadhan.

Penangkapan awal atau pengamanan 3 unit bot dari Sumut itu bertambat Ditangkahan Kantor Pol Airut yang berada DiJalan Pelabuhan Baru, Kelurahan Bagan Barat Ujung.

“Setelah satu hari kemudian 3 Unit Bot Sumut itu dipindahkan Kepelabuhan Oliong Hingga Kini,” Kata Latip Dijalan Sedar Bagan SiapiApi.

Menurut latip setelah dua hari penangkapan Bot Bubu Tarik Tersebut ia mencoba mempertanyakan pada Kasat Pol Airud Melaui Via Tlpon, pada saat itu kasat mengatakan bahwa Bot itu Tangkapan Pol Airud Polda Riau.

“Mendengar jawaban Kasat Pol Airud ini kita langsung mencoba mencari salah satu keluarga ABK Dan Tekong untuk mencari kepastian siapa yang menangkap Supaya Kita Tidak Keliru,”Imbuhnya.

Dia mengatakan tidak berapa lama Dirinya bertemu dengan keluarga atau mewakili ABK Dan Tekong Bot Bubu Tarik itu. Ternyata Ketua HNSI Sungai Berombang Marga Lubis. Bahkan diduga ada juga Pegawai Camat Sungai Berombang.

Menurutnya mereka berkoordinasi Di Kantor Pol Airud soal penangmanan ABK Dan Tekong Bot Bubu Tarik papan itu.

“Mereka lebih kurang 10 orang.”katanya.

Katanya lagi Sekira pukul 17, 30 WIB Ketua HNSI Sungai Berombang menghubunginya untuk mencarikan mobil.

“Setelah itu saya arahkan mobilnya Ke Kantor Pol Airud, tapi sampai saat ini belum pernah saya korscek lagi mereka,”Bebernya.

Dia Meminta kasus tersebut harus diproses secara terang benderang agar ada Efek Jera.

Dia juga berharap kasus Penangkapan Bot Bubu Tarik Yang beroperasi Diperairan Rohil itu ditindak lanjuti, Sebab bubu tarik papan itu salah satu alat terlarang lantaran menghabiskan Benih benih ikan dan Terumbu Karang.

“Jadi pelaku pelaku tersebut harus dikasi jera agar kedepannya tidak terulang kembali beroperasi Diperairan Rohil Ini,” Pintanya.

Kapolres Rokan Hilir AKBP Nurhadi Ismanto SH SIk Saat dikonfirmasi mengatakan Kasus 3 Unit Bot Bubu Tarik Itu polda yang nangani.

“Silahkan konfirmasi ke polair polda riau, Kayaknya sudah mulai sidang kasusnya,”Jelas Kapolres Rohil Dengan Singkat.

Sementara itu untuk memastikan Kasus penangkapan 3 Unit Bot Bubu Tarik papan berasal Sumut itu lanjut atau tidaknya Direktur Polisi Air dan Udara (Dirpolair) Polda Riau Kombes Pol Eko Irianto saat dikonfirmasi melalui Via Tlpon tidak menjawab.

Selain di tlpon di coba juga di konfirmasi melalui WhatsApp dibaca tetapi tidak dibalas Selasa 01 Juni 2021.

Namun jika ada kesalah pahaman pemberitaan penangkapan 3 unit bot Bubu Tarik  papan berasal Sumut itu kami siap melakukan klarifikasi.(Said)***