RohilSosial&Budaya

Sanggar Komunitas Tepak Sirih Dan BRCN TPTM Berdayakan Seni Tari Agar Bernilai

ROHIL, Riauandalas.com – Kesenian tari di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau mulai diminati. Banyak sanggar seni bermunculan hingga di desa pinggiran.

Sayangnya keberadaan wadah kreatifitas seni itu, selama ini belum mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah.

Persoalan inilah yang akan kita cari bersama demi kemajuan seni Tari di kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan

Seperti halnya yang diharapkan Elvi Ravina Pelatih Tari Sangar Komunitas Tepak Sirih Dan Ketua Divisi Bidang Humas Informasi Dan Dokumentasi BRCN (Badan Rohil Creatif Network) Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan

Keinginan Elvy Ravina Mengajar Tari Berawal Dari gadis Dan Wak nya saya dulu penari di Sekolah-sekolah dan sudah menikah tetap kami kembang kan lagi,

“Dari situ keterusan, selalu ditunjuk untuk menari setiap ada Acara nikan event Dan Fistival Lain nya saat menceritakan kepada wartawan , Sabtu (22/Mei/2021).

“Dari situlah, saya belajar banyak tentang tarian tradisional dan masih banyak lainnya,” tandasnya.

Selama ikut kesenian menari, gadis berhijab ini hanya tampil dari satu desa ke kedesa lainnya. Belum pernah tampil pada event-event besar atau sampai luar kota.

“Kalau di desa itu pasti kendalanya biaya, karena untuk tampil itu butuh dana untuk sewa kostum dan make up. Sementara di sini, tidak semua sanggar menyediakan,” tandasnya.

 

Dia berharap, Pemerintah desa dan kecamatan memperhatikan sanggar-sanggar kecil di pinggiran baik pembinaan maupun pendampingan, sehingga mampu mencetak bibit-bibit unggul para penari profesional.

Oleh karena itu, dia berharap Bupati terpilih mendatang, tidak pilih kasih dalam memberikan perhatian atau pembinaan di bidang seni tari.

“Harapannya, Bupati terpilih memperhatikan komunitas atau sanggar tari yang ada di seluruh Kabupaten Rokan Hilir agar bisa eksis lagi,” pungkasnya.