Berita utama

Koramil 03 Bgs Kodim 0321 Rohil Panen Perdana Jamur Tiram

Rokan Hilir, Riau Andalas Com – Budidaya Jamur Tiram program Ketahanan Pangan (Hanpangan) Koramil 03/Bgs Kodim 0321/Rohil akhirnya sudah bisa dipanen.

Berkat kerja keras para Babinsa, panen perdana Jamur Tiram itu dilakukan oleh Sertu A Sipahutar di Kombong yang berada di belakang Makoramil 03/Bgs Jln Lancang Kuning Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan, Selasa (25/05/2021) pagi.

“Puji Tuhan, akhirnya jamur tiram sudah panen dan bisa dikonsumsi,” kata Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MIPol melalui Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa.

Dijelaskan Danramil, usia tanam Jamur Tiram itu saat ini baru berusia 45 hari dengan dilakukan perawatan dan dikoordinatori oleh Sertu A Sipahutar yang dipelajari langsung dengan yang berpengalaman.

Sebelum dilakukan budidaya, Sertu A Sipahutar bersama dengan Babinsa lain terlebih dahulu belajar membudidayakan jamur tiram di wilayah Paket J, sehingga memudahkan dalam melakukan perawatan,” ungkapnya.

Pengaplikasian budidaya Jamur Tiram ini lanjut Danramil, merupakan salah satu program Ketahanan Pangan Babinsa ditengah pandemi covid-19 yang sampai saat ini tak kunjung berakhir.

Dimana terlebih dahulu pihaknya melakukan cocok tanam Palawija dan sayuran yang sudah berkali-kali panen dan hasilnya dibagikan kepada warga masyarakat seputaran Makoramil dan para personil.

“Intinya, program ketahanan pangan ini termasuk budidaya Jamur Tiram ini semata untuk percontohan kepada masyarakat agar bisa mengaplikasikan di rumah atau lahan masing-masing terutama yang kurang produktif,” pungkasnya. (LG / Said)***