PemerintahanRiauRohul

Bupati Rohul Dampingi Kapolda Riau Launching Program Kampung Tangguh Nusantara di Desa Bonai

Kapolda Riau, Danrem 031/ WB, Ketua LAM Riau, Bupati Sukiman, Kapolres Rohul melaunching program Kampung Tangguh Nusantara merupakan program programJaga kampung yang dilaksanakan di Desa Bonai, Kecamatan Bonai Darussalam, Rohul

BONAI DARUSSALAM- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H.Sukiman, dampingi Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi dan Danrem 031/ Wira Bima (WB) Brigjend TNI M Syech  Ismed serta Ketua LAMR Riau Datuk  Seri Al Azhar, melaunching program Kampung Tangguh Nusantara ,Selasa (11/8/2020).

Kegiatan juga dihadiri Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting, Camat Bonai Darussalam, sejumlah kepala OPD, para Kades di Bonai Darussalam. Lunching Program Kampung Tangguh Nusantara merupakan Gerakan Jaga Kampung Polda Riau di Wilayah Kecamatan Bonai Darussalam, Rohul.

Lounching Program Kampung Tangguh Nusantara Gerakan Jaga Kampung Polda Riau, dilaksanakan di Dusun Kasang Salak Desa Bonai yang diInisiasi Kapolda Riau bekerja sama dengan Ketua LAMR Prov Riau di Wilayah Kabupaten Rohul.

Kehadiran Kapolda Riau serta rombongan,  disambut Bupati Rohul H Sukiman,  Kapolres Rohul  AKBP Dasmin Ginting, SIK Dandim 0131 /KPR Letkol  Inf Leo  Sinaga,  Ketua DPRD Rohul  Novliwanda Ade Putra ST, Ketua PN Pasir Pangaraian Sunoto, Kajari Rohul Ivan Damanik, Kakan Kemenag Rohul Drs H.Syahrudin, serta Ketua LAMR Rohul Datuk  H Zulyadaini, Sekda Rohul H Abdul Haris, para Kepala Dinas dan Badan di Lingkungan Pemkab Rohul.

Selain itu, juga hadir para datuk dan Ninik Mamak di Kecamatan Bonai Darussalam ,Manager PT.HPSL Jurong Santoso Humas PT.BD Bentala Iskandar Harahap,Humas PT.BD Bintara Tengku Ardi serta ratussn masyarakat Desa Bonai.

Sekitar pukul 08.40 WIB, helikopter yang membawa Kapolda Riau, Danrem 031 /WB dan Ketua LAMR Prov Ria, mendarat di lapangan vola Dusun Kasang Salak Desa Bonai,  disambut  Bupati Rohul di dampingi Kapolres Rohul dan Forkopimda.K

Kapolda Riau Agung Setya Imam Efendi, Danrem 031/WB M Syech  Ismed serta Bupati Rohu Sukiman, beri paket sembako ke perwakilan warga Bonai, dilanjutkan pemberian bibit jagung, benas dan melon ke masyarakat Bonai sekaligus penanaman palawija dan nenas.

Bupati Sukiman  ucapkan terima kasih ke Kapolda Riau dsn rombongan yang sudah sempatkan hadir di Desa Bonai, Bonai Darussalam.

“Berharap kunker Kapolda Riau, dapat memperkuat silaturahmi. Kemudiansolidaritas dan menambah semangat kami,” harapnya.

Ketua LAMR Prov Riau mengatakan,  masyarakat Bonai merupakan satu dari tujuh masyarakat hukum adat di Provinsi Riau.

“Selaa ini masyarakat Bonai termasuk masyarakat tertinggal di Riau.Tiga tahun lalu saya datang ke Bonai atas undangan Datuk Majoganti,” ujarnya.

Lanjut Al Azhar, permasalahan yang sangat urgen di Kecamatsn Bonai Darussalam saat ini yakni terputusnya jalan menghubungkan Desa Sontang dan desa Bonai yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah.

Danrem 031/WB merasa terhormat disambut masyarakat Bonai. Besar harapan kami kegiatan yang akan dikerjakan hari ini, bisa diikuti di Tempat lain, sehingga apabila kita pelihara dan jaga terus kegiatan ini, maka akan bermanfaat bagi masyarakat Bonai. Dirinya sangat mensuport kegiatan itu.

Kapolda Riau mengajak semu agar bersyukur kehadirat Allah SWT, yang masih memberikan kesehatan di.masa pendemi COVID– 19.

“Dimasa pandemi ini kita harus tetap menjalankan protokol COVID 19 seperti jaga jarak, pake masker dan cuci tangan,” urainya.

Jelasnya lagi, melalui kegiatan jaga kampung itu sengaja dilaksanakan Selasa, karena kata ulama hari Selasa merupakan hari yang baik dimana turunnya hikmah dan ilmu.

“Kita ingin wujudkan jaga kampung di daerah terpencil Riau ini. Kami berdiskusi dengan pak Danrem untuk merumuskan jaga kampung ini agar bisa bermnafaat bagi masyarakat dan secara kontinyu,” ucapnya.

Kapolda menyampaikan, tujuan adanya program Jaga Kampung Polda Riau yaitu membangun kampung agar cukup pangan di masa pandemi. Juga harus menjaga kampung dengan memanfaatkan SDA dan lahan tidur untuk ketahanan pangan, Menjaga masyarakat tetap sehat mengaharapkan Masyarakat jangan ada yang tertular Covid-19.

“Atas dukungan tokoh adat dan tokoh agama, diharapkan jaga kampung menjadi gerakan yang meyentuh ke seluruh lapisan masyarakat. Polda Riau dan jajaran sudsj melaksanakan program Jaga kampung seluas 243,5 hektar,” terang Kapolda Riau Agung Setya Imam Efendi. (Adv/ Pemkab Rokan Hulu)