NasionalPendidikan

Hari Pendidikan Nasional, Mentri Sri Mulyani : Ditengah Pendemi Tidak Boleh Mundur Dan Melambat Atas Pendidikan.

Jakarta, Riau Andalas Com – “Apapun yang dikerjakan oleh seseorang itu, seharusnya bisa bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, juga bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya” ~ Ki Hadjar Dewantara.

 

“Di tengah – tengah sistem pendidikan kolonial yang sarat akan perintah dan hukuman, sang tokoh Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantoro menginisiasi pendirian Taman Siswa di Yogyakarta dengan visi yang sangat jelas, yaitu untuk membentuk karakter bangsa.  Gerakan ini pun berkembang luas di seluruh nusantara dan menjadi katalis bagi kemerdekaan berpikir dan berpendidikan yang berlandaskan budaya bangsa,”Kata Mentri Keuangan Republik Indonesia (RI) Sri Mulyani Indrawati melalui siaran rilisnya dalam rangka selamat Hari Pendidikan Nasional Sabtu 02 Mei 2020.

 

Hari ini, Kata Sri, kebutuhan akan pendidikan karakter bangsa menjadi lebih penting dan fundamental karena musuh bangsa hari ini tak terlihat oleh kasat mata dan tak muncul dari arah seberang. melainkan Musuh bisa datang dari diri sendiri, meracuni pikiran dan memprovokasi nurani, bahkan memecah persatuan bangsa.

 

Menurut Beliau, Di tengah pandemi, perjuangan atas pendidikan karakter bangsa merupakan hal yang tidak boleh mundur dan melambat. “Terima kasih kepada para pejuang Pendidikan dimana pun berada yang tetap giat memperjuangkan Pendidikan di masa sulit ini. Pendidikan adalah proses penciptaan mahakarya Indonesia Emas,”Pungkas Sri Mulyani.(Said)***