advertorialGaleriPemerintahanRohulSosial&Budaya

Giat MRSF Polres Rohul Meriah, Ribuan Peserta Ikut Tradisi Makan Bukancah 

ROKAN HULU, Riauandalas.com – Mewujudkan generasi yang Cinta lalu menuju Indonesia Gemilang Satuan Lalulintas (Satkantas) Polres Rohul menggelar Millenial Road Safety Festival,(MRSF), ditandai dengan gerak jalan sehat, yang diikuti oleh ribuan pelajar dan masyarakat, kegiatan di pusatkan di Taman Kota Pasir Pangaraian, Minggu (25/2/2019) pagi hingga siang hari.

Acara disertai Deklarasi Pelopor Tertib Berlalu Lintas Polres Rohul, Mewujudkan Millennial Cinta Lalu Lintas Menuju Indonesia Gemilang, Stop Pelanggaran Stop Kecelakaan Keselamatan Untuk Kemanusiaan diengan menyiapkan hadiah menarik.
Hadiah utama 2 sepeda motor dibuka Kapolres Rokan Hulu AKBP Muhammad Hasyim Risahondua, yang  dihadiri Bupati Rohul H. Sukiman, Sekretaris Daerah Rohul Drs. Abdul Haris S.Sos, M.Si.

Selain itu, hadir Kajari Rohul Freddy Daniel Simanjuntak, Kalapas Kelas II B Pasir Pangaraian M.Lukman, Waka Polres Rohul Kompol Willy Kartamanah, para Kabag, Kasat, Kapolsek dan perwira di jajaran Polres Rohul, para Kepala Dinas dan Badan di lingkungan Pemkab Rohul, termasuk 35 komunitas motor.

Kegiatan diawali jalan santai, senam bersama, bagi-bagi kaos dan boneka, serta pelepasan balon udara dan burung merpati oleh Bupati Rohul, bersama Kapolres Rohul, dan segenap tamu undangan.

Kapolres Rohul AKBP M. Hasyim Risahondua berterima kasih keseluruh sponsor yang telah ikut mensukseskan acara yang digelar.Dimana latar belakang digelarnya acara Millennial Road Safety Festival setelah lembaga PBB, dalam hal ini World Health Organization‎ (WHO) menyatakan Lakalantas merupakan penyebab kematian lima terbanyak setelah penyakit jantung, paru-paru, diabetes, dan TBC.

Kapolres menambahkan, pemerintah berkewajiban dalam menciptakan kenyamanan berlalulintas untuk masyarakat, seperti amanah Undang-Undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009‎. “Berkat sosialisasi Tertib Berlalu Lintas yang dilakukan, angka Lakalantas di Rohul terus menurun setiap tahunnya, ditahun 2017 ada 218 jiwa meninggal dunia, kemudian di tahun 2018 korban meninggal menurun menjadi 190 jiwa,” Paparnya.

AKBP Hasyim juga mengajak seluruh masyarakat untuk selalu tertib berlalu lintas, dari itu masyarakat diminta memperhatikan dan menerapkan demontrasi Berlalu Lintas yang diperagakan oleh personel Satlantas Polres Rohul.

“Dengan konsep Millennial sendiri dipakai karena untuk usia 17 tahun sampai 35 tahun yang merupakan generasi millennial yang dekat dengan Medsos atau media sosial,” kata Kapolres Rohul.

Dalam giat tersebut pihaknya sengaja menyediakan empat tenda khusus yang menyajikan kearifan lokal, salah satunya adalah makan bersama atau Bukancah yang disediakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rohul.

Sementara itu, Bupati Rohul H. Sukiman dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi acara yang digelar Polres Rokan Hulu. Ia menyarankan acara serupa digelar sebulan sekali dalam hal untuk memberikan pencerahan kepada generasi muda.

Bupati Sukiman juga mengajak generasi muda Rohul, untuk mengetahui cara berlalu lintas yang benar, sebab angka kecelakaan terbanyak banyak dialami generasi muda.
“Sudah sepantasnya anak-anak kita ini menjadi pelopor tertib berlalu lintas di Kabupaten Rohul,” imbau Bupati Sukiman.

Dalam kegiatan itu, juga disediakan beraneka  dorprize dengan bagi bagi hadiah, mulai dari dua unit sepeda motor, sepeda, kulkas, mesin cuci, dan puluhan hadiah menarik lainnya. Juga dilakukan pelepasan burung merpati,oleh Bupati, Kapolres, Sekda Rohul, Kajari, Kalapas, serta perjabat Forkompinda lainnya yang hadir, sebagai simbol kebersamaan, disertai penandatangan dukungan pelaksanaan Millenial Road Safety Festival” yang ditaja Polres Rohul.

Pada pagi harinya, juga digelar senam massal, dan tengah hari dilaksanakan makan Bokancah  (makan bersama dengan menu diakui besar red) ditaja Dinas Parwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Rohul. Kegiatan itu, merupakan tradisi makan bersama di Rohul saat pelaksanaan di kegiatan besar, yang melambangkan kebersamaan, kegotong royongan serta kekompakan.

(Adv/ Pemkab Rohul/Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *