PemerintahanSiakSosial&Budaya

HUT RI Ke 73 Penghulu Kampung Bandar Sungai Putra Fajar Gelar Lomba Toga.

BANDAR SUNGAI, Riauandalas.com – Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 73, Penghulu Kampung Bandar Sungai Putra Fajar bekerja sama TP. PKK Bandar Sungai Kecamatan Sabak Auh kab. Siak, mengadakan serangkaian kegiatan salah satunya Lomba Kamis 23 Agustus 2018

Pelaksanaan kegiatan Lomba tersebut dimulai pada Hari ini Kamis 23 – Agustus – 2018 Hal-hal yang dinilai meliputi Jenis dan jumlah Toga yang ada, dan Inovasi Toga, serta sejauh mana memanfaatkan Toga, produk dari hasil Toga atau pemanfaatan hasil Toga yang bisa dikembangkan.

Tim Penilai diambil dari Dinas Kesehatan Sabak Auh, Ibu Misnawati.SKM ( Kepala Puskesmas selaku Pendamping Tim Penilai ) Deni Zumarni, AMG ( Tim Penilai ), Dan Dinas Pertanian Sabak Auh Ibu Caecilia Mardiati, SP ( Tim Penilai )

“Toga selain bermanfaat untuk konservasi lingkungan, juga bisa menunjang ekonomi karena mampu menambah penghasilan keluarga, terlebih di jaman sekarang mempunyai peluang bisnis yang besar dengan adanya pengobatan herbal dengan slogannya “ back to nature,” Sebagian tanaman Toga yang ada, ujar Penghulu Bandar Sungai Putra Fajar, disela-sela penilaian Toga.

Tidak lupa penghulu Fajar mengucapkan terima kasih kepada Tim penilai dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian Kecamatan Sabak Auh serta segenap Panitia dan kepada Masyarakat Kampung Bandar Sungai yang bertungkulumus menyiapakan berbagai inovasi ditoga RT masing-masing, mereka tidak tau siang malam begitu semangat nya Masyarakat kami dengan Lomba Toga ini, Ungkap Putra Fajar Sambil Terseyum Manis meyaksikan lomba ini

Misnawati. SKM Kepala Puskesmas selaku Pendamping Tim Penilai menyampaikan, ” Sangat senang dengan ada nya Acara lomba Toga antar RT yang diadakan Penghulu Bandar Sungai berserta Masyarakat, Masyarakat bisa termotivasi untuk melaksanakan upaya peningkatan kesejahteraan dan kesehatan dengan lebih baik,” Ungkap Misnawati.

Untuk menunjang keberhasilan pembangunan bidang kesehatan, tentunya tidak hanya mengandalkan upaya dari pemerintah saja, tetapi sangat diperlukan adanya peran serta aktif masyarakat.

Wadah yang tepat bagi masyarakat untuk berkiprah dalam pembangunan bidang kesehatan adalah melalui pelaksanaan kegiatan Posyandu dan juga kelompok pembudidayaan tanaman obat di lingkungan sekitar melalui Toga.

keluar sebagai Pemenang pada lomba Toga kali ini adalah
Juara I RT 01/RW 01
Juara II RT 06/RW 03
Juara III RT 07/RW04
Kampung Bandar Sungai Kecamatan Sabak Auh Siak.

Sumiati Ibu Ketua RT 01 kelompok Toga SUMBER SEHAT mengatakan “berharap kegiatan yang dilakukan ini nantinya berlanjut bukan semata-mata untuk meraih prestasi, Terlebih Pemerintah Kampung sangat mendukung Toga ini tinggal kita bergerak lagi, sebab adanya taman herbal yang ada di rumah bisa sebagai obat dan bisa sebagai taman, diharapkan kedepan dapat dibuat di tempat lainnya, sehingga tahun depan bisa semakin semarak lagi,” Ungkap Ibu RT 01 Sumiati yang sangat senang dengan acara lomba tersebut. ( fendi / Waka ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *