KesehatanLingkunganRohul

Warga Desa Babussalam Rohul Gelar Gotong Royong Antisipasi Banjir

ROKAN HULU, Riau Andalas. com– Mengantisipasi banjir dengan tingginya curah hujan yang tejadi bulan Desember 2017 ini, masyarakat di Dusun Nogori dan Muara Katugin Desa Babussalam, menggelar gotong royong (Goro) bersihkan lingkungan sekaligus drainase di dua dusun tersebut.

Kades Babussalam, Basron yang terlihat bersama warga lakukan aktifitas goro mengakui, kegiatan Jumat bersih setiap pekannya oleh masyarakat dalam bentuk goro. Kali ini, goro di dua Dusun Desa Babussalam ditergetkan bersihkan drainase dengan melibatkan petugas Pemadam Kebakaran Rohul, sekaligus menyiram drainase yang sumbat baik dari sampah dan lumpur.

“Karena ini musim curah penghujan yang tinggi setiap akhir tahun, maka kita minta warga lakukan goro bersihkan drainase di dua lingkungan. Dua dusun tersebut merupakan daerah rawan banjir saat musim penghujan karena dekat dengan sungai Batang Lubuh. Kita harapkan dengan goro tersebut, maka bisa banjir nanti akan cepat surut,” tegas Kades Babussalam, Jumat (8/12/2017).

Kades berharap, dengan adanya kegiatan Goro kedepannya selain kebersihan lingkungan bisa terjaga dan bebas dari berbagai penyakit, terutama dari nyamuk. Apalagi nyamuk merupakan penyebab beberapa penyakit yang berbahaya.

“Target kita, melalui Jumat bersih warga melakukan goro dengan membersihkan sampah-sampah, serta kotoran yang menyumbat di drainase.Sehingga, bila hujan nantinya air akan lancar mengalir di drainase karena sudah tidak tersumbat lagi,” sebut Basron.

Basron juga berterima kasih, atas partisipasi dan peran seluruh elemen masyarakat Desa Babussalam, yang sudah ikut mensukseskan program Desa Jumat Bersih. Karena, dengan Jumat bersih diharapkan bisa meningkatkan kesehatan masyarakat. **( Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *