LingkunganPemerintahanRohul

Memprihatin kan, Jalan Desa Sungai Kuning Tandun Seperti Kubagangan “Kerbau”

5 Km ruas jalan Desa Sungai Kuning, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) kondisinya rusak parah bagaikan kubangan “kerbau” bahkan nyaris tak bisa terlintrasi warga

ROKAN HULU, Riau Andalas.com – Memprihatinkan Diperkirakan 5 Km ruas jalan Desa Sungai Kuning, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) kondisinya rusak parah bagaikan kubangan “kerbau” bahkan nyaris tak bisa terlintrasi warga.

Diakui Kepala Desa Sungai Kuning, Ilham Rahmani, Selasa (14/11/2017) mengakui, jalan yang rusak ke desanya merupakan satu-satunya akses keluar masuk menuju desa. Bahkan dampak rusaknya jalan desa, juga berpengaruh ke perekonomian masyarakat.

“Warga desa kami ada 1.800 jiwa. Mereka menggantungkan hidup di jalan ini. Kalau jalan rusak, warga kami kesulitan memasarkan komoditi perkebunannya ke PKS,” kata Ilham.

Ditegaskan Ilham lagi. bila perbaikan jalan yang rusak di desanya tidak bisa dibangun dengan gunakan Dana Desa (DD) maupun anggaran Alokasi Dana Desa (ADD).  Sehingga, dirinya berharap perhatian Pemkab Rohul untuk segara melakukan perbaikan dan pengaspalan di badan jalan desa mereka.

“Secara aturan, jalan itu jadi wewenang Pemkab Rohul. Sehingga kami tidak berani mengalokasikan DD atau ADD untuk pembangunan jalan sepanjang 5 Km yang rusak parah,” ujarnya.

Ilmah juga berharap ke perusahaan PTPN V Sei Tapung, agar bisa ikut membantu perbaikan jalan di desa mereka. Karena akses jalan desa ini juga digunakan kenderaan perusahaan untuk mengangkut hasil perkebunan sawitnya.

Di tempat terpisah, Asisten Umum (Asum) PTPN V Sei Tapung, Azhar Pulungan menyampaikan, pihaknya rutin melakukan pemeliharaan di badan jalan Desa Sungai Kuning. Cuma karena faktor cuaca, saat ini alat berat belum bisa dimasukkan ke lokasi jalan yang rusak.

“Kita komitmen melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan (TJSP) ke desa-desa sekitar. Bukan hanya jalan, kita juga sudah survei buat pembangunan masjid di sana,” kata Azhar.**( Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *