advertorialBerita utamaGaleriPolitikRiau

APBD Riau 2018 yang disahkan Rp10,091 triliun

PEKANBARU, Riau Andalas. com – Setelah melalui pembahasan yang alot di Banggar, Akhirnya pada Rabu malam (29/11/2017) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun anggaran 2018 disahkan dalam rapat paripurna yang digelar di Gedung DPRD Riau Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru. Dalam kesempatan itu besaran APBD Riau 2018 yang disahkan Rp10,091 triliun

Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Riau dr Sunaryo, didampingi Ketua DPRD Riau Septina Primawati, Wakil Ketua Noviwaldy Jusman, Kordias Pasaribu. Sementara dari pihak eksekutif, dihadiri Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim. Tampak di kursi undangan para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Riau.

“Apakah saudara-saudara setuju terhadap laporan yang dibacakan anggota Banggar sehingga Raperda APBD bisa menjadi Perda APBD 2018,” tanya Sunaryo, lantas dijawab setuju oleh anggota Dewan yang hadir malam itu.

Paripurna DPRD Riau tersebut menuai protes yang keras dari beberapa legislator, Paripurna DPRD Riau tersebut sempat menuai protes yang keras dari beberapa legislator, namun akhirnya Perda Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018 berhasil disahkan dalam rapat paripurna DPRD Riau, Rabu (29/11/2017) malam.

Rapat paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo dan dihadiri oleh 45 legislator, sempat berlangsung dengan lancar, sebelumnya M. Adil dari Fraksi Nasdem Hanura menginterupsi pimpinan rapat.

Adil mempertanyakan tidak hadirnya Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dalam rapat paripurna yang menurutnya sangat penting ini. “Keseriusan Gubernur dipertanyakan karena tidak hadir dalam agenda yang sangat penting ini. Kalau merasa Riau ini milik bersama, mestinya hari ini hadir semua,” katanya dengan suara lantang.

Anggota dewan yang lain juga ikut menimpali apa yang disampaikan oleh M. Adil, seperti Ade Agus Hartanto dari Fraksi PKB yang juga sepakat dengan pernyataan Adil. “Karena kita ini akan mengesahkan yang sangat penting, ini untuk Riau 1 tahun kedepan,” katanya.

Karena merasa tidak ditanggapi dengan baik dan merasa tidak puas dengan apa yang disampaikan oleh pimpinan rapat, Adil akhirnya memilih walk out dari rapat paripurna

Protes keras juga disampaikan DR Ilyas HU, bahkan dia menolak pengesahan APBD Riau Riau tahun 2018 ini. “Saya belum sempat bicara kenapa pimpinan langsung mengetok palu,” Kata Ilyas HU

Protes keras dari Ilyas HU, sempat membuat jalannya paripurna diskor selama 10 menit. Para pimpinan Dewan dan Ketua Fraksi terlibat pembahasan yang serius lagi didepan ruang Paripurna. Namun tetap saja palu yang sudah diketuk Pimpinan Paripurna tidak bisa dicabut sehingga Ilyas HU memilih walk out dari rapat paripurna

Walaupun dipenuhi dengan interupsi, akhirnya DPRD Riau berhasil mengesankan Perda APBD Riau tahun 2018 sebesar Rp10,091 triliun.

Turut hadir dalam Rapat paripurna yaitu Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi, perwakilan Forkopimda Riau, para asisten dan pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Riau. (Adv/DPRD Riau)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *