PemerintahanRohilSosial&Budaya

MTQ ke XIV Tingkat Kabupaten Rohil Tahun ini digelar Tanpa Stand Bazar

BAGANSIAPIAPI, Riau Andalas. com  – Perayaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke XIV tingkat kabupaten rokan hilir (rohil) tahun ini digelar tanpa stand bazar dampak dari devisit anggaran, akan tetapi Bupati setempat menyebut kan kalau perayaan MTQ didaerahnya berlangsung dengan meriah bahkan sangat luar biasa.

“Walaupun daerah kita tahun ini terjadi devisit anggaran yang cukup besar, akan tetapi perayaan MTQ Ke XIV tetap dilaksanakan. Bahkan, dengan disaksikan dengan mata kepala saya sendiri, mulai dari pelepasan pawai Ta’aruf hingga pembukaan perayaannya berlangsung dengan meriah dan sangat luar biasa jika dibandingkan dengan perayaan pada tahun lalu,” Kata Bupati Rohil, H Suyatno AMP, saat membuka MTQ ke XIV tingkat kabupaten rohil, Sabtu (29/7) malam kemaren, ditaman budaya, batu enam.

MTQ tingkat kabupaten tahun ini diikuti sebanyak 433 peserta yang tersebar di 18 kecamatan ditambah dengan 90 Official. Ajang Religi itu diperkirakan akan berlangsung lebih kurang selama sepekan.

“MTQ ini digelar setiap tahunnya untuk meningkatkan tali silaturahmi ukhuwah islami dalam membentuk masyarakat yang sejahtera, rukun dan damai,” Kata Suyatno.

Selain dari pada itu, MTQ katanya juga bisa dijadikan sebagai daya dorong yang kuat dalam memacu pembangunan khususnya disektor keagamaan. Dengan begitu, hubungan keagamaan antar umat islam dinegeri seribu kubah ini bisa terjaga dan terjalin dengan baik. Untuk membangun suatu daerah tentunya harus menumbuhkan kekompakan tanpa ada membedakan suku, ras dan agama. Untuk itu, dengan iven MTQ ini diharapkan hubungan antar umat beragama baik itu muslim maupun non muslim bisa tetap terjaga dengan baik dinegeri yang kita cintai ini.

Ia mengatakan, melalui momentum ini pemerintah kabupaten Rokan Hilir mangajak masyarakat untuk bisa menciptakan suasana religus untuk penyejuk hati. Karena, MTQ ini bukan hanya sebagai rutinatas tahunan, akan tetapi sebagai momentum untuk meningkatkan pembangunan dalam keagamaan khususnya dalam membaca ayat suci alquran, “kata Suyatno.

Orang nomor satu dinegeri seribu kubah ini juga menerangkan kalau kitab suci alquran merupakan kitab suci yang dipegang oleh umat manusia. Karena, Alquran selain membawa kita selamat dunia dan akhirat juga merupakan inspirasi yang tidak pernah keringnya. “lantunannya menyejukkan hati, makna yang terkandung didalamnya memiliki kisah sejarah tauladan dan pesan moral kepada umat manusia, “jelasnya.

Dalam Pembukaan MTQ rohil ke XIII tingkat kabupaten itu Bupati Suyatno juga menyerahkan piala bergilir yang sebelumnya dipegang oleh kecamatan Kubu Babussalam (Kuba) kepada Ketua dewan Hakim yakni Drs H Ferry Hendra Parya MSi. Ia berpesan kepada dewan hakim untuk netral dan bijaksana dalam memberikan nilai kepada peserta.

“Berikan nilai sesuai dengan kemampuan peserta, jangan sampai dewan hakim bermain curang dengan memihak kepada salah satu peserta, “pesannya.

Pembukaan MTQ Rohil XIV itu diawali dengan penekanan Tombol serine oleh Bupati Suyatno didampingi ketua DPRD Rohil H Nasruddin Hasan, Karo Kesra propinsi Riau, Sekdakab rohil Drs H Surya Arfan MSi, Kakan Kemenag Rohil H Agustiar SAg. Sementara pemukulan beduk dilakukan oleh Wakil Bupati Rohil Drs Jamiluddin, Kapolres Rohil AKBP Henry Posma Lubis Sik, Dandim 0321 rohil Letkol Bambang Sukisworo, Anggota DPRD Riau, Siswaja Muljadi alias aseng dan pejabat penting lainnya.

Sebelumnya pada Sabtu (29/7) siang kemaren juga dilaksanakan pelepasan pawai ta’aruf oleh bupati suyatno. Pelepasan pawai ta’aruf tersebut ditandai dengan pelepasan burung dara oleh bupati suyatno dan pelepasan balon keudara oleh ketua TP-PKK Rohil Hj Wan Mardiana dihalaman BPKAD Rohil.

Pawai itu diikuti oleh miniatur dari 18 kecamatan, 28 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan diisi dengan hiburan marching Drum Band dari beberapa sekolah dikecamatan bangko. (itz/Ra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *