Politik

Kodim Dan Polres Kediri Siap Wujudkan Pilkades Damai

 
 
KEDIRI, Riau Andalas.com –  Pilkades serentak akan berlangsung 28 desember besok ,di 61 desa yang tersebar di 13 kecamatan se-kabupaten Kediri dan Polres Kediri bersama Kodim 0809/Kediri, optimis pelaksanaan pilkades akan berakhir dengan damai. Sebelumnya, sekitar 6 hari lalu, sudah dilakukan rapat koordinasi lintas institusi yang mempertemukan Polres kediri dan Kodim Kediri serta Pemkab Kediri, guna membahas pengamanan seputar pilkades serentak ini, dan tadi pagi, juga sudah dilangsungkan apel gabungan di Stadion Canda Birawa, selasa (27/12/2016)
 
Menurut informasi dari Pasi Ops Kodim Kediri, Kapten Arm Nur Solikin, 122 anggota Kodim Kediri dikerahkan untuk membantu pengamanan dari Polres Kediri, atau bila diasumsikan sama halnya tiap desa akan mendapatkan pengamanan 2 personil dari Kodim Kediri. Sore ini, seluruh anggota Kodim Kediri yang terlibat dalam pengamanan pilkades serentak ,secara langsung mendapat himbauan dari Danramil dan Kapolsek di 13 lokasi berkumpul, yang tersebar di wilayah hukum Polres Kediri.
 
“Komitmen kita (Kodim Kediri) cuma satu, yaitu pilkades serentak ini berlangsung damai tanpa ada gangguan keamanan dan ketertiban apapun. Pelaksanaan pilkades jauh lebih rawan ketimbang pemilu atau pilkada, karena massa antar pendukung calon kades bisa berhadap-hadapan langsung. Tetapi dari catatan 3 tahun terakhir ini, pilkades yang berlangsung di Kediri, belum pernah terjadi keributan atau kekacauan,” jelas Pabung Kodim Kediri ,Mayor Inf Puguh Jatmiko.
 
Sebagaimana data yang dirilis Pasi Ter Kodim Kediri, Kapten Inf Warsito , pilkades serentak akan berlangsung di Kecamatan Mojo tercatat 2 lokasi (Desa Tambibendo dan Maesan), Kecamatan Ngadiluwih tercatat 1 lokasi (Desa Ngadiluwih), Kecamatan Wates tercatat 15 lokasi (Desa Segaran, Duwet, Pojok ,Gadungan ,Tawang, Jajar ,Tunge, Tempurejo, Plaosan, Karanganyar, Wonorejo, Pagu, Joho, Sidomulyo dan Janti), Kecamatan Ngancar tercatat 9 lokasi (Desa Sempu, Pandantoyo, Margourip ,Bedali, Kunjang, Manggis, Ngancar ,Babadan dan Jagul), serta Kecamatan Puncu tercatat 6 lokasi (Desa Satak, Puncu, Manggis, Watugede, Gadungan dan Wonorejo).
 
Sedangkan untuk Kecamatan Plosoklaten tercatat 11 lokasi (Desa Brenggolo, Gondang, Kayunan, Jarak ,Kawedusan, Klanderan, Punjul ,Sumberagung, Wonorejo Trisulo, Sepawon, dan Plosolor), Kecamatan Pagu tercatat 2 lokasi (Desa Sitimerto dan Tanjung), Kecamatan Gampengrejo tercatat 1 lokasi (Desa Kepuhrejo), Kecamatan Papar tercatat 2 lokasi (Desa Papar dan Ngampel), Kecamatan Purwoasri tercatat 2 lokasi (Desa Kempleng dan Jantok), Kecamatan Kepung tercatat 6 lokasi (Desa Kebonrejo, Brumbung, Krenceng, Kencong, Keling dan Damarwulan), Kecamatan Kayen Kidul tercatat 2 lokasi (Desa Sukoharjo dan Padangan), serta Kecamatan Ngasem tercatat 2 lokasi (Desa Wonocatur dan Toyoresmi)
 
Terhitung mulai sore ini hingga malam besok, seluruh anggota Kodim Kediri tetap stand bay diposisinya masing-masing, dan bergabung dengan anggota Polres Kediri dan Linmas setempat. Disamping itu, tiap-tiap kecamatan, juga ada bantuan pengamanan dari Banser NU dan Senkom Kabupaten Kediri, sebagai bentuk upaya menwujudkan pilkades yang damai. (Penrem 082/CPYJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *