INHULingkunganPemerintahan

Kebutuhan Pupuk Bersubsidi untuk Kecamatan Batang Cinaku jauh dari harapan.

pupuk-urea

RENGAT, Riau Andalas.com – Kecamatan Batang Cinaku Kabupaten Indragiri Hulu yang memiliki 20(dua puluh) Desa ,yang Mayoritas adalah sebagai petani ,juga memiliki Gapoktan disetiap Desa .

Seperti yang disampaikan oleh salah satu Ketua Gapoktan Desa Alim Kecamatan Batang Cinaku Hutabalian di Belilas mengatakan kepada riauandalas.com, kalau selama Tahun 2016 kami sebagai petani PAJALE sangat berharap untuk Tahun 2017 Pupuk Bersubsidi Jenis NPK Phoska dan Urea dapat kami tebus dari Pengecer Kecamatan ujar nya .

Padahal kami mendengar kalau Pupuk Bersubsidi untuk Kecamatan Batang Cinaku sudah habis Kuota nya ,tapi kami sudah menyerah kan RDKK  kepada Pengecer dari Kecamatan Batang Cinaku ,tapi alasan yang dapat hanya Pupuk belum ada ,itu aja alasan Trimo sebagai Pengecer di Kecamatan Batang Cinaku kata Hutabalian .

Jadi terus terang ujar nya ,bahwa tanaman Padi Gogo dan Jagung yang seharus nya bulan Oktober Tahun 2016 sudah diberi Pupuk ,tapi karena sampai sekarang kami tidak dapat Pupuk yahc ,,,,,,,mau diapakan lagi ,akhir nya yahc,,,,,,,tanaman tidak dipupuk lagi ujar nya .

Ketika hal itu dikonfirmasi kepada Pengecer Kecamatan Batang Cinaku Trimo ,memang iya bahwa Kuota Pupuk Subsidi untuk Kecamatan Batang Cinaku sangat minim,sedangkan kebutuhan Pupuk Bersubsidi sangat besar ,maka nya untuk Tahun 2017 kita sudah mengajukan penambahan pupuk terutama untuk jenis Urea,NPK Phoska dan SP36 kata Trimo .

Dia menambah kan ,agar Pupuk Bersubsidi untuk Petani itu benar benar bisa dinikmati oleh para Petani ,terutama Petani Perkebunan Rakyat ,Pemerintah seharus nya melakukan Survey di setiap Kecamatan seberapa besar Pupuk itu diharap kan oleh Petani Kebun rakyat .,karena Masyarakat yang berkebun ,terutama petani sawit ,tidak seluruh nya memiliki modal besar ,tapi hanya dengan modal pas pasan arti nya ,yang penting bisa tertanam dulu ,jadi jangan disamakan semua bahwa Petani Sawit itu punya modal besar itu salah jelas. Trimo.

Jadi harapan kami dari Kecamatan Batang Cinaku ,Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu dapat menambah Kuota Pupuk bersubsidi kepada Petani Kebun Rakyat ujar nya ,karena Kuota Pupuk Bersubsidi untuk Petani Kebun Rakyat Tahun 2016 sangat jauh dari harapan jelas nya

Oleh ; Junus S.dari  Inhu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *