PelalawanPemerintahanRiau

Road Show Pekansikawan, Ciptada Riau Libatkan 3 Tim Ahli

 

Pihak Dinas Ciptada Riau saat melakukan pertemuan dengan Bupati Pelalawan HM Harris dalam kegiatan Road Show Senin (14/11) lalu.
Pihak Dinas Ciptada Riau saat melakukan pertemuan dengan Bupati Pelalawan HM Harris dalam kegiatan Road Show Senin (14/11) lalu.

PEKANBARU, Riau andalas.com –  Matangkan program Pembangunan terintegrasi Pekanbaru-Siak-Kampar-Pelalawan (Pekansikawan), Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Sumber Daya Air (Cipatada) Riau gesah Road Show ke kabupaten terkait.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan konsep program Pekansikawan kedepan. Dimana untuk sosialisasi itu Dinas Ciptada Riau juga melibatkan empat tim ahli yang terdiri dari berbagai bidang. Seperti Ahli perencanaan kota dan wilayah yang di hadiri langsung Ketua Ikatan Ahli Perencana Riau (IAP) Riau Ir. Mardianto Manan MT, Tim Survei yang dihadiri Ketua Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) Anuari ST, dan Akademisi dari Universitas Lancang Kuning Boby Samra.

Adapun fungsi melibatkan tim ahli tersebut untuk menggali potensi yang dimiliki kabupaten yang akan ditonjolkan dalam program pekansikawan kedepan. Seperti Kabupaten Pelalawan yang memiliki Potensi Industri hilir kelapa sawit dan Parwisata yang sudah di terkenal di indonesia bahkan manca negara.

Kepala Dinas Ciptada Riau Ciptada Riau Dwi Agus Sumarno menyampaikan, kunjungan yang diselenggarakan di Kebupaten Pelalawan tersebut merupakan kegiatan road show pembukaan yang selanjutnya akan diselenggarakan di setiapa kabupaten terkait. Yaitu Pekanbaru Siak dan Kampar.
Untuk Pelalawan kata Dwi, pihaknya telah merangkum potensi yang akan di tonjolkan dalam program Pekansikawan kedepan. Yaitu industri dan pariwisata yang disampaikan langsung oleh Bupati pelalawan HM Harris pada tim Dinas Ciptada Riau.

“Bahkan Bupati pelalawan menyatakan mendukung penuh program Pekansikawan ini. Karena dampaknya akan begitu besar untuk perkembangan Pelalawan kedepan,” ujarnya yang kedepanya akan terus mensosialisasikan pada kabupaten berikutnya, seperti Pekanbaru yang memiliki potensi Jasa dan perdagangan.

Dukungan tersebut diakui Bupati Pelalawan HM Harris, Dimana ia menyampaikan program Pekansikawan ini merupakan pintu gerbang untuk kemajuan dan pengembangan daerah kedepan. Pasalnya setiap kabupaten yang tergabung dalam Pekansikawan itu akan menampilkan sesuai potensi yang dimiliki masing-masing. Sehingga dalam pengembangan kedepan tidak ada yang akan merasa bersaing dan saling sinergi dalam memajukan daerah.

“Kita sudah tau betul program Pekansikawan ini, untuk itu kita sangat mendukung penuh demi perkembangan dan kemajuan Pelalawan kedepan,” katanya,

Bahkan jelasnya, untuk program pekansikawan ini sebelumnya ia sudah pernah diwawancarai lansung oleh tim ahli untuk kesiapan pelalalawan. Dimana jauh hari sebelumnya Pelalawan sudah siap dan telah mensosialisasikan pada seluruh masyarakat maupun stake holder pemerintahan maupun swasta. Dimana program ini juga merupakan program untuk menuju “Pelalawan Emas” (Ekonomi Masyarakat Aman dan Sejahtera)

“Ini untuk masa depan anak cucu kita, tidak ada alasan lagi untuk kita tidak bersnergi,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Ketua Ikatan Ahli Perencana Riau (IAP) Riau Ir Mardianto Manan MT, mengakui potensi yang dimiliki Pelalawan sangat strategisi untuk dikembangkan. Sehingga untuk program Pekansikawan ini Pelalawan memiliki persiapan yang matang.

“Untuk pelalawan ini tidak lagi menggali potensi yang dimiliki, tinggal menata dan mengembangkan dengan baik, karena sudah ada dasar yang sudah berkembang sebelumnya,” kata Mardianto berharap potensi Pelalawan ini bisa didukung seluruh komponen yang ada di Pelelawan termasuk masyarakat.

“Awalnya kita akan menggali apa potensi yang bisa ditonjolkan Pelalawan ini, ternyata setelah mendapat penjelasan dan program yang dijalankan pemerintahan, jauh luar biasa. Untuk kita yakin Pelalawan mampu menuju daerah maju sesuai yang dikonsepkan pada Pekansikawan ini,” ujar Ketua Jurusan Ahli Perencanaan kota dan wilayah UIR ini. (Dri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *