‎BPBD Rohul Bangun Posko Induk‎. Antisipasi Bencana Kabut Asap

 ACENG

Rokan Hulu, Riau Andalas.com– – Dalam menghadapi musim kemarau yang diprediksi oleh BMKG terjadi pada bulan Agustus 2016 mendatang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Rokan Hulu (Rohul) membangun posko induk di depan kantor BPBD komplek bina praja kota Pasir Pengaraian.

Kepala pelaksana BPBD Rohul, Aceng Herdina, ST MM di saat meninjau posko induk bersama anggota TNI, Rabu (11/5/2016). Mengatakan berdasarkan informasi yang diterima dari BMKG Pekanbaru, pada Agustus 2016 mendatang mulai musim kemarau yang sangat  panjang.

“BMKG Memprediksi , Agustus mendatang Riau akan dilanda kemarau panjang. Jadi kita siapkan Posko Induk untuk mengantisipasi terjadinya bencana asap,” ungkapnya.

Lebih lanjut Aceng mengtakan, pembangunan posko induk merupakan intruksi langsung dari Pangdam Bukit Barisan beberapa waktu lalu ketika melakukan kunjungan di Pekanbaru membahas pencegahan dan penanggulangan Bencana Asap akibat kebakaran lahan dan hutan (Karlahut).

Dan  Aceng, mengakui untuk kabupaten Rokan Hulu, dari 16 kecamatan. Ada 8 Kecamatan diantaranya merupakan daerah rawan kebakaran lahan dan hutan. Untuk itu pihaknya bersama seluruh elemen yang ada di kabupaten Rokan Hulu menjaga agar daerah ini tidak terjadi kebakaran akibat warga yang membuka lahan dengan cara dibakar.

Kata Aceng lagi. Saat ini Rohul sedang berada dalam status siaga. Dalam artian Tim Satgas Karlahut sudah standby 24 jam untuk bertindak apabila ada terjadi kebakaran lahan dan hutan di wilayahnya. Selain dari TNI/ Polri dan instansi terkait. Saat ini Organisasi Hulubalang telah aktif membantu mensosialisasikan bahaya karlahut dan penanggulangannya.

“Sebagai anak jati Rohul, Hulubalang telah aktif membantu kita dalam penanggulangan bencana asap,” pungkasnya “”(alfian)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "‎BPBD Rohul Bangun Posko Induk‎. Antisipasi Bencana Kabut Asap"