Berita utamaPekanbaruPendidikan

Walikota lantik 64 orang dewan hakim MTQ ke 48 kota Pekanbaru

hakimMTQ2PEKANBARU – Agenda Musabaqah Tilawatil Qur-an (MTQ) ke 48 Tingkat Kota Pekanbaru sudah dimulai, Senin (6/4) Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT melantik dan mengukuhkan 64 orang dewan hakim MTQ yang berlangsung selama satu minggu sejak 7-12 April 2015 tersebut yang diketuai oleh Ewdwar S Umar dan Sekretaris H Tarmizi Muhammad.

                Hadir dalam kesempatan tersebut Muspida Kota Pekanbaru, Sekdako  HM Syukri Haro, Ketua MUI Porf DR H Ilyas Usti, serta para pejabat, camat dan Lurah di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru.

                Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT, menyebutkan bahwa moment MTQ bukan semata bertujuan mencari siapa yang terbaik dalam menguasai dan memahami Alqu-ran tetapi lebih luas bertujuan mengajak masyarakat mencintai membaca, memahami, dan mengamalkan ajaran yang terkandung dalam Alquran.

                “Masyarakat Madan yang kita canangkan pada intinya adalah masyarakat religi, dan pada khususnya dalam agama Islam adalah masyarakat Qurani. Kalau membaca Alquran kita galakkan, dan pendidikan memahami Alquran kita tanamkan kepada generasi muda kita, maka wujud masyarakat madani akan kita rasakan,’’ ujar Walikota.

                Ketika disinggung tentang program Sekolah mengaji  dan magrib mengaji, hal itu menurut Walikota adalah bagian terpenting dari upaya Pemko Pekanbaru dalam mewujudkan masyarakat Pekanbaru yang Madani.

                “Program s ekolah mengaji dan magrib mengaji kita mulai sejak tahun 2012 lalu, hal itu termotivasi dari data yang kita terima bahwa 30 persen masyarakat kita di Pekanbaru tidak bisa membaca Alquran. Dan setelah kita laksanakan program sekolah dan magrib mengaji, membuat masyarakat termotivasi sehingga dimana-mana tumbuh TPA, dan PDTA, selain itu di sekolah-sekolah juga menjelang tamat  atau akhir tahun ajaran sekolah melakasnakan Khatam Alquan di seluruh sekolah negeri di Pekanbaru. Bahkan da sekolah negeri yang mentargetkan anak-anak didiknya yang tamat dari sekolah tersbut bisa hapal 1 atau 2 juz Alquran minimal juz 30.. Ini adalah hal yang sangat menggembirakan kita semua. Semoga ke depan Kota dan masyarakat kita semakin lebih baik, amin’’ harap walikota.(hms/ra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *