Berita utamaRiau

Berpengalaman dan Paham Adat Serta Kebudayaan. Kaban BPAD Riau, Kandidat Kuat Jabat Kadis Kebudayaan

Kepala BPAD Riau, Yoserizal Zein

PEKANBARU Riauandalas. Com -Sesuai harapan Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman dan Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Al Azhar, jabatan Dinas Kebudayaan harus di isi oleh yang berpengalaman dan sudah biasa bergelimang pada kegiatan adat dan kebudayaan melayu. Pasalnya, kegiatan dan tanggung jawab di kebudayaan tersebut bukan pekerjaan gampang yang selama ini terlintas dalam fikiran khalayak.

Seperti yang disampaikan Ketua LAM Riau Al Azhar. Pejabat kebudayaan harus mampu mengangkat dan menjalankan komitmen Riau tentang adat dan budaya melayu kedepan. Untuk itu ia mengharapkan proses seleksi khusus Dinas Kebudayaan benar-benar menunjuk orang yang serius dan paham kebudayaan.

Selain itu, pejabat kebudayaan merupakan pemangku kepentingan adat yang harus mampu berkomunikasi dengan pimpinan penting dalam kebudayaan. Baik antar budaya lokal nasional maupun internasional yang harus bisa melakukan koordinasi dengan baik.

Ia mengakui peminat di Kebudayaan banyak, hal itu sesuai informasi peserta yang mendaftar pada seleksi. Namun untuk yang beperngalamam dan paham tentang kebudayaan ia tidak bisa memutuskan dan mempercayakan pada seleksi.

Ketika ditanya Kepala BPAD Riau,  Yoserizal Zein salah seorang pejabat Riau yang ikut seleksi dan sudah biasa bergelimang dalam kegiatan adat dan kebudayaan. Ia juga tidak bisa memutuskan. Kendati demikian ia tidak menapik dan bisa saja, hal itu melihat dari pengalaman sebelumnya pad kebudayaan.

“Untuk pasti siapa orangnya kita tidak bisa menentukan, itu kembali pada hasil seleksi kedepan,” kata Al Azhar belum lama ini.

Hal senada juga disampaikan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, jika siapapun yang akan memjabat Dinas Kebudayaan nanti tergantung pada hasil seleksi. Intinya pejabat tersebut benar paham dan berpengalaman dengan adat dan kebudayaan melayu.

Terkait penilaian dan pengalaman pejabat untuk Dinas Kebudayaam ini, sebelumnya ia mengakui telah berkoordinasi dengan LAM Riau, agar pejabat yang memjabat nanti merupakan pejabat yang paham dan mampu menjalankan amanah demi kebudayaan melayu kedepan.

“Yang pasti kita sudah berkoordinasi dengan LAM Riau, mudah-mudahan yang terpilih nanti sesuai dengan harapan demi kemajuan adat dan kebudayaan melayu kedepan,” tutur Datuk Seri Setia Amanah ini. (dri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *