AndalasPadangPolitik

Lima Pasangan siap bertarung Pilwako Payakumbuh

images (23)

PAYAKUMBUH, Riau Andalas.com -Pemilihan Walikota Payakumbuh boleh saja baru dihelat bulan kedua tahun mendatang. Namun, jelang KPU menerima pendaftaran kandidat yang maju dari jalur perseorangan, prediksi demi prediksi pun bermunculan. Diyakini, Pilwako Payakumbuh akan diikuti lima pasang peserta.

Dari lima pasang kandidat itu, satu diantaranya sudah final. Yakni pasangan Wendra Yunaldi dan Ennaidi Datuk Angguang. Kolaborasi tokoh muda dan birokrat senior tersebut, resmi maju melalui jalur independen. Keduanya deklarasi dan mendaftar Senin (8/08/2016).

Sementara, pasangan independen lain adalah bundo Dra.Hj.Welya Safitri.MSi dan Ir. Rio Mainelda Cay. Menurut Arifi Rasyad, salah satu loyalis Hj Welya, pasangan ini juga akan maju di Pilwako mendatang.

Sementara itu, pasangan cawako dan cawawako selanjutnya, adalah Almaisyar yang saban hari memperoleh tiket Golkar. Konon, Almaisyar bakal maju bersama Mayor Laut Dhoni. Kabar ini, semakin deras terdengar.

Sekalipun, Almaisyar belum memberi ketarangan resmi, dengan siapa dia berpasangan. Namun sejumlah tim pemenangnya, keukeh menyebut akan maju menjadi calon Walikota. Jika Almaisyar dan Dhoni maju, kemungkinan Golkar akan bertandem dengan PPP.

Keempat, pasangan selanjutnya adalah cawako incumbent Riza Falepi-Anda Setia Budi alias ASB. Pasangan Falepi dan ASB ini, diyakini akan sulit ditandingi kompetitornya. Riza sendiri, sudah punya tiket PKS untuk maju.  Anda konon akan diusung oleh PBB. Tempo hari, ASB juga aktif komunikasi dengan pengurus Gerindra hingga tingkat Pusat.

Politisi PBB Syafrizal lewat akun facebooknya, juga menyebut, kemungkinan Falepi akan berpasangan dengan ASB. Selain menyebut nama Falepi-ASB, prediksi Syafrizal juga meyakini, komunikasi yang aktif dilakukan Almaisyar-Mayor Dhoni.

Terakhir, yakni Suwandel Mukhtar. Wakil Walikota Payakumbuh itu, awalnya dikabarkan berpasangan dengan Supardi. Suwandel yang dapat tiket dari PDI Perjuangan, belakangan dikabarkan akan berpasangan pula dengan Fitrial Bachri. Namun kabar ini belum dapat keterangan resmi. (Sumbar Hebat)**

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *