Berita utamaPekanbaruRiau

Feri Sibarani Pimpin LP KPK Riau

PEKANBARU, Riauandalas.com – Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP KPK) Komisi Daerah Provinsi Riau mulai Kamis (8/9) resmi dipimpin Jurnalis senior Feri Sibarani STP SH, sedangkan Ketua Komda tetap masih dipercaya kepada rekan sejawatnya, Al Indragiri.

LP-KPK adalah sebuah organisasi kemasyarakatan, yang berkedudukan di pusat Negara, yaitu di Jakarta, dengan Ketua Umum, Amirul S Piola SH, dan Sekretaris Jenderal, Syamsir (Alex).

Misi LP KPK RI adalah, melaksanakan pengawasan penerapan tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabel dan memperjuangkan tegaknya supremasi hukum. Melaksanakan pengawasan kebijakan kinerja pemerintah dan aparatur negara secara independen, objektif, sistematis, konstruktif, profesional, serta Konfrehensif.

Melaksanakan pengawasan aset-aset negara, dan badan usaha milik negara dan daerah, serta perusahaan swasta. Melaksanakan pengawasan pertumbuhan ekonomi daerah melalui pengembangan sumber daya manusia dan pemanfaatan sumber daya alam, secara proporsional untuk menopang perekonomian nasional.

‘’Tadi kami sudah menyerahkan SK dan mandat kepada sahabat kami, Feri Sibarani di Ruang Ballroom Hotel Pangeran, Jalan Sudirman Kota Pekanbaru ini,’’ ujar Al Indragiri.

Penyerahan posisi strategis itu dipandang layak diberikan kepada Feri Sibarani, yang selama ini di kenal aktif menulis isu-isu daerah dan nasional terkait kebijakan publik, melalui media online dan cetak di Provinsi Riau. Hal ini seperti disampaikan ketua Komisi Daerah (Komda) LP KPK Provinsi Riau, Al Indragiri, di Kota Pekanbaru usai penyerahan SK.

’’Lembaga kita LP KPK RI yang berskala Nasional, merasa perlu melibatkan pemuda bangsa yang berkarakter seperti Bung Feri ini, yang selama ini memang sudah cukup dikenal di kalangan media tokoh pemerintah dan politik di Riau khususnya, sehingga dari pengalamannya, kita berharap LP KPK RI kedepan dapat semakin berperan untuk mengawal kebijakan dan kinerja pemerintah, sesuai dengan visi dan misi LP KPK RI itu sendiri,” sebut Al Indragiri.

Hal lain yang menjadi pertimbangan LP KPK RI pusat dalam mengangkat Feri menjadi Ketua harian Lembaga tersebut adalah, karena tulisan-tulisannya dinilai dapat mengakomodir aspirasi masyarakat luas. Bahkan, Feri Sibarani yang saat ini ketahui sedang menempuh studi magister hukum (S2 hukum) di Fakultas Hukum Unilak ini, pun kerap menyampaikan analisis hukumnya terhadap beberapa kebijakan pemerintah, termasuk Pergubri Nomor 19 tahun 2021 tentang penyebarluasan informasi di lingkungan Pemprov Riau.

”Intinya kami dapat melihat semangat dan profesionalisme di dalam diri Feri Sibarani, untuk itu, kami mau semangat itu tertular kepada semua pengurus dan anggota LP-KPK RI Provinsi Riau,” harap Al Indragiri.(bus)