Hukum&KriminalSiak

Terindikasi Ilegal Galian C di Dayun Bebas Beroperasi, Diduga Tak Tersentuh Hukum Setempat

SIAK, Riauandalas.com- Kegiatan galian tanah timbun atau yang sering di sebut galian C terindikasi Ilegal yang diduga bebas beroperasi kegiatan tersebut, Pasal nya kegiatan tersebut tidak jauh dari Mapolres Siak kurang lebih 500 meter dari lokasi galian tesebut. tepat nya desa Dayun kecamatan Dayun, Kabupaten Siak.

Kegiatan galian C tersebut menurut keterangan masyarakat yang sempat di konfirmasi ia mengatakan kegiatan galian C tersebut belum lama masih baru berapa bulan saja beroperasi .

“Setau kami mereka masih baru beroperasi masih main bulan lah bang, cuman sayang nya kalo hujan itu jalan nya agak licin akibat tanah yang yang bececer di jalan aspal bang itu aja ,takut ada yang jatuh itu aja bang,kalo kemarau gak ada lagi keluhan bang ,ungkap sumber yang tak mau di sebut, Selasa 27/02/24.

Mendengar hal tersebut awak media mencoba konfirmasi kepada pihak pengusaha Galian C tesebut ,menurut Husni sang pemilik galian mengatakan, bahwa diri nya memang benar saya selaku pengolah galian C tersebut.

“Iya saya selaku pengolah nya di sini ,saya tidak pernah ganggu orang kemana saya di ganggu saya kadang Heran dengan wartawan, padahal saya pun hanya usaha mencari reski dan bermodal kan ke percayaan saja.ungkap Husni kepada wartawan, selasa 27/02/24.

Selain itu beberapa anggota Husni yang sebagai pengawas di lokasi tersebut sempat mengeluar kan kata kata yang tidak pantas kepada wartawan ,menurut Rahman semua wartawan hanya manis di mulut saja semua nya sama dengan yang lain ada mau nya saja ,

“Semua wartawan semua sama saja manis di mulut saja manis kalo ada mau nya, ,tapi di belakang nya lain lagi.ketus Rahman.

Ucapan yang tak pantas itu di ucapkan dengan awak media yang sedang menjalani tugas jurnalis yang sudah jelas di lindungi undang undang pers.

Selain itu penghulu kampung Dayun kecermatan Dayun pihak nya memang tidak setuju ada nya kegiatan itu di wilayah nya,menurut nugri diri nya memang tau ada nya ke giatan galian C di wilayah nya ,namun pihak pengolah galian C pun tidak pernah melapor kepada ke pihak desa jika mereka ada kegiatan galian C .

“Saya tau memang ada galian C tapi saya gak mau tau sapa yang buka dan sapa pemilik nya ,Karna mereka pun tidak ada melapor atau izin ke desa ,Karna memang bukn ke wenengana saya jika ada yang fatal atau kegiatan yang meresahakn warga saya atau mau buat apa pun saya tindak dan saya akan bantu warga saya .tapi jika galian C ini kan dekat sama kantor polres ,seharus nya merekah lah yang berwenang menidak kegiatan yang diduga Ilegal atau tanpa izin usaha, tegas Nugri kepada wartawan ,di kantor nya .Selasa 27/02/24.

(Arifin)*