Berita utamaRiau

Bertemu UMKM Batu Bata Merah,Sugianto : Potensi Ekonomi Keluarga, Perlu Perhatian Pemerintah

 

PEKANBARU,Riauandalas.com- UMKM Batu Bata Merah sudah semestinya menjadi perhatian serius oleh pemerintah. Karena, UMKM ini salah satu contoh usaha yang masih bisa mempertahankan eksistensinya saat pandemi Covid 19.

Peluang usaha ini menjanjikan, karena proses pembuatannya mudah, biaya investasi/modal yang sedikit dan bahan baku yang cukup berlimpah. Terutama di Kota Pekanbaru.

Hal ini terungkap saat Anggota DPRD Riau dari Komisi V H Sugianto SH menerima beberapa pelaku UMKM Batu Bata Merah di Kota Pekanbaru.

“Pemerintah harus hadir memberikan solusi bagi UMKM Batu Bata Merah ini. Karena banyak masyarakat yang perekonomian keluarganya dari usaha ini,”ujar Politisi PKB Riau tersebut kepada wartawan, Minggu (15/1/2023).

Dikatakan, pelaku UMKM Batu Bata Merah tersebut membutuhkan bantuan pemerintah dalam mengembangkan usaha mereka.

“Jika, membutuhkan izin dalam pengembangan usaha berikan pengertian atau solusi. Sosialisasi ditengah masyarakat yang melakukan usaha ini. Jangan, justru ditakuti. Potensi ekonomi ini harus dikembangkan, sama dengan daerah lain diluar Riau,”harap Sugianto.

Menurut dia, UMKM batu bata merah merupakan usaha yang cukup potensial untuk dikembangkan. Karena usaha ini telah menciptakan lapangan kerja dan dapat menyerap tenaga kerja.

Disisi lain, jelas Sugianto, batu batu merah merupakan bahan bangunan umum yang digunakan untuk pembangunan  rumah maupun pembangunan lainnya di Kota Pekanbaru.

“Ketersedian sumber daya yang banyak salah satu faktor masyarakat dibeberapa daerah Kota Pekanbaru ini menjalakan usaha UMKM batu bata merah. Sebagai peluang usaha yang menjanjikan bagi masyarakat, perlu mendapatkan dukungan pemerintah, legislatif, perbankan, maupun investor. Membantu geliat ekonomi ini lebih baik kedepanya,” jelas Sugianto.