Berita utamaPelalawanPemerintahan

UP Pengelolaan Pendapatan Kantor Samsat Kecamatan Ukui Resmi Dibuka

PELALAWAN, Riauandalas.com- Kabar gembira bagi masyarakat di tiga kecamatan yang berada di Kabupaten Pelalawan, yaitu Kecamatan Ukui, Kecamatan Pangkalan Lesung dan Kecamatan Kerumutan khususnya yang memiliki kendaraan bermotor baik roda 2 maupun roda 4. Masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh membayar pajak kendaraan bermotor karena di Kecamatan Ukui tepatnya di Jalan Lintas Timur Desa Ukui Dua telah dibuka dan diresmikan UP Pengelola Pendapatan (Samsat) Kecamatan Ukui.

UP Pengelolaan Pendapatan kantor Samsat Kecamatan Ukui resmi dibuka pada Kamis, 1 Juli 2021 oleh Kepala Tata Usaha Pengelola Pendapatan Provisi Riau T. Ikhsan di kantor Samsat Kecamatan Ukui.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Camat Ukui Tri Arso Jatmiko, Kepala Samsat Kecamatan Ukui Nasarudin, SP, Lurah Ukui Yulius Effendi, Sekretaris Camat Kerumutan Widodo S, Pj Kades Ukui Dua Suwardi, Pimpinan Bank Riau dan Bank BRI perwakilan perusahaan yang ada di Kecamatan Ukui serta tokoh dan pemuka masyarakat Kecamatan Ukui.

Dalam sambutannya Kepala TU Pengelola Pendapatan Provisi Riau T. Ikhsan menyampaikan ucapan maaf dan salam dari pimpinan UP Samsat Pangkalan Kerinci yang tidak bisa hadir dalam kegiatan ini.
Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Pemerintah Kecamatan Ukui atas partisipasi dan dukungannya sehingga peresmian kantor Samsat Kecamatan Ukui dapat berjalan dengan lancar.

T. Ikhsan juga menambakan ada beberapa alasan dibukanya kantor samsat di Kecamatan Ukui yaitu adanya potensi pajak yang cukup besar yang ada di Kecamatan Ukui, Pangkalan Lesung dan Kecamatan Kerumutan, dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat khususnya di tiga kecamatan karena tidak perlu jauh-jauh dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, dan memberikan keamanan bagi masyarakat terutama dimasa pandemi virus Covid-19 saat ini, sehingga resiko kecelakaan dan tertularnya pandemi Covid-19 dapat diminimalisir. “Semoga kantor Samsat Kecamatan Ukui dapat berjalan lancar dan dapat memberikan manfaat serta mulai hari ini masyarakat sudah bisa melakukan pembayaran pajak kendraan di setiap hari kerja.” tutup Ikhsan.

Sementara itu Sekcam Ukui Widodo dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bappeda Provinsi Riau atas kepercayaannya membuka kantor Samsat di Kecamatan Ukui. “Terimakasih atas kepercayaan Bappeda Provinsi Riau yang telah membuka pelayanan Samsat di daerah kami ini, karena selama ini jika ingin membayar pajak kami harus ke Pangkalan Kerinci atau ke Kecamatan Pangkalan kuras. Tentu hal ini sangat berarti karena mempermudah masyarakat.”

Sekcam Widodo juga menambahkan “Selaku pemerintah kecamatan, kami sangat mendukung pembukaan kantor Samsat di Kecamatan Ukui ini dan kami berharap kepada masyarakat untuk taat pajak, karena pajak berfungsi untuk pembangunan daerah kita.”

Diakhir acara diadakan simulasi bagaimana tata cara dan prosedur pembayaran pajak kendaraan oleh Kepala UPT Samsat pembantu Kecamatan Ukui Nasarudin, SP.

Menurut Nasarudin asalkan syarat-syaratnya berupa KTP asli dan STNK asli lengkap dan sistem bagus maka proses pembayaran pajak kendaraan 5 menit selesai. Pelayanan kantor Samsat Kecamatan Ukui buka setiap hari Senin s/d Kamis mulai pukul 08.00 pagi s/d pukul 14.30, hari Jum’at pukul 08.00 s/d 11.30 dan hari Sabtu pukul 08.00 s/d 13.00.