PemerintahanRohil

Tahun 2018 Tunggakan Listrik Akan Dibayar Pemda Rohil.


BAGANSIAPIAPI, Riau Andalas com– Pemkab Rohil melalui Kabag Humas dan Protokol Hermanto SSos mengatakan bahwa tunggakan biaya penyediaan jasa listrik Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir pada pihak PT PLN Persero Cabang Bagansiapiapi sebesar Rp 12,6 Miliar akan dibayarkan pada APBD 2018 mendatang.

“Hal ini dilakukan guna menjawab kerancuan pemberitaan di beberapa media massa baru-baru ini,”katanya minggu 17 Desember 2017.

Hermanto menegaskan;bahwa tidak hanya menunggak di beban biaya jasa penyediaan listrik di 2017 saja, akan tetapi juga termasuk jasa penyediaan listrik yang terhutang pada Triwulan IV tahun 2016 lalu lebih kurang sebesar Rp 5,5 miliar.

Menurutnya,Tertundanya pembayaran biaya listrik tersebut,selain dikerenakan kondisi keuangan Daerah,yang mana penerimaan Daerah dari Dana Bagi Hasil(DBH)sektor pertambangan migas 2015 Rp.131 Miliar dan Triwulan IV 2016 berkisar Rp 265 Miliar,yang bilamana diakumulasikan Rp.396.641.071 Milyar sampai saat ini belum dapat diterima Pemkab Rokan Hilir.

“Tersendatnya penerimaan dana DBH Migas dari Depertemen Keuangan, Pemkab Rohil itu mengakibatkan kegiatan terutama Belanja Modal yang telah selesai dikerjakan 100 persen dilakukan tunda bayar kepada pihak ketiga yang jumlahnya berkisar Rp.263 Milyar,”Terangnya.

hal ini lanjut Hermanto,Berbeda dengan tunggakan biaya jasa penyediaan listrik 2016 berkisar Rp.5,5 Milyar yang merupakan belanja rutin yang tidak termasuk didalam ketentuan tunda bayar kegiatan belanja modal.

“Oleh kerena belum adanya persepsi yang sama antara Peraturan Menteri Keuangan dengan TP4D Kejaksaan Negeri Rokan Hilir sebagai lembaga yang disediakan oleh negara sebagai Team Pengawal,Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah juga menjadi penyebab tunggakan jasa penyediaan listrik Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir ditunda penyelesaiannya melalui APBD Kabupaten Rokan Hilir 2018 mendatang,”tandas Hermanto yang akrab di panggil Ulung Bagan alias Uban.Sumber:Humas & Protokol Pemkab Rohil.(said)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *