Hukum&KriminalPekanbaruPemerintahanRiau

Patuhlah Bayar Pajak, Jika Tak Ingin Didenda

Tingkatkan PAD, Bapenda Gencar Razia Penertiban

PEKANBARU, Riau Andalas. com – Salah satu untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau gencar melaksanakan razia penertiban terhadap kendaraan bermotor yang tidak taat membayar pajak,  Kamis (23/11). Dalam razia itu, melibatkan Ditlantas Polda Riau,Jasa Raharja dan Satpol PP Riau.
Pantauan Wartawan di lapangan terlihat  personil Ditlantas Polda Riau memberhentikan para pengendara sepeda motor yang melintas . Setelah diperiksa oleh petugas, jika tidak pajak kendaraannya sudah mati maka pengendara harus membayar pajak tersebut.
Menurut Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau Indra Putra Yana kepada Wartawan Kamis (23/11)  yang turun langsung mengikuti razia penertiban mengatakan, bahwa razia penertiban kendaraan bermotor ini untuk meningkatkan kesadaran agar membayar pajak jika sudah jatuh tempo pembayaran.Karena saat ini dilihat masih banyak pengendara motor yang tidak patuh membayar pajak. “Tujuannya kita mengelar razia ini untuk memberikan kesadaran bagi pengendara motor agar taat membayar pajak kendaraan. Dengan begitu kedepannya masyarakat atau pengendara motor tepat waktu membayar pajak,” ungkap Indra.
Dijelaskan Indra, selain itu dengan adanya razia penerriban ini maka kedepan pengendara motor bisa meningkatkan kesadaran dalam membayar pajak. “Kita imbau pengendara motor tepat waktu dalam membayar pajak. Karena jika tidak membayar maka yang rugi juga para wajib pajak. Sebab jika sudah mati, maka akan didenda. Bahkan, dendanya cuktup tinggi sebesar 25 hingga 50 persen. Oleh sebab itu, tepatilah waktu membayar pajak, sehingga tidak dikenakan denda,” harap Indra.
Ditambahkan Indra, dalam razia penerriban yang dilakukan diperkirakan ratusan pengendara motor yang terjaring karena tidak membayar pajak. “Dari razia yang dilakikan tadi jumlah pengendara motor lebih kurang ratusan yang terjaring. Mudah-mudahan kedepan para pengendara motor selalu tepat waktu membayar pajak. Dengan begitu upaya kita untuk meningkatkan PAD bisa tercapai,” harap Indra.
Diterangkan Indra, bagi pengendara motor yang terjaring razia ini maka mereka bisa langsung mengurus pembayaran langsung di tempat, karena pihaknya menyediakan mobil Samsat keliling untuk memberikan pelayanan. “Kita langsung sedaiakan mobil keliling untuk pengurusan pembayaran pajak kendaraan. Oleh sebab itu, kita juga harapkan pengendara motor patuh bayar pajak. Saya barusan juga bayar pajak kendaraan,” ungkap Indra sambil mengatakan jika razia ini akan terus dilaksanakan di tempat yang berbeda(hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *