Hukum&KriminalINHUPendidikan

Kepala Sekolah SMK N I Batang Cinaku lakukan di duga telah lakukan Pungli .


RENGAT, Riau Andalas. com – Darmanto Plt Kepala Sekolah SMK N I Batang Cinaku melakukukan kutipan Uang sebesar Rp 4.800.000,- untuk setiap Murid baru yang akan belajar di  SMK N I Batang Cinaku ,itu disampaikan salah seorang siswi di Desa Kepayang Sari Kecamatan Batang Cinaku kepada Wartawan beberapa hari yang lalu ,namun dia minta nama nya jangan ditulis dan inisial nya TP .

Dia mengatakan juga kalau uang Pembangunan yang besar nya Rp 4.800.000,,- harus sekali bayar arti nya tidak bisa diangsur.Disamping untuk Uang Pembangunan itu ada juga Rp 190.000,- yaitu untuk uang SPP setiap bulan nya .
Namun ketika wartawan mengkonfirmasi melalui telepon selurer nya ,Darmanto mengatakan kalau Uang Pembangunan itu kegunanaan nya adalah untuk merehab ,tanpa menyebutkan apa yang akan direhab ,selanjut untuk biaya biaya praktek para siswa/i ,karena Sekolah SMK N I Batang Cinaku belum ada mendapatkan bantuan ,baik itu Bantuan Dana BOS mau pun bantuan lain nya ujar nya .

Jadi semua biaya untuk kebutuhan para murid masih dibebankan kepada murid ,yang sebelum nya sudah dilakukan rapat Komite ,itu lah guna dari uang Pembangunan itu ujar nya .

Namun Kadis Pendidikan Provinsi Riau Kamsol ketika dihubungi melalui telepon genggam nya mengatakan ,seharus nya sebelum melakukan pengutipan dana dengan modus ,sudah lebih dulu melakukan rapat Komite ,harus nya mendapat persetujuan Dinas Pendidikan paling tidak Kabid Pendidikan yang menangani nya .

Dia berharap kepada semua Kepala Sekolah agar lebih memprioritas kan kepada upaya pemenuhan hak anak untuk mendapatkan pendidikan dan mencari solusi pembiayaan untuk tidak memberatkan orangtua murid ,terutama bagi yang kurang mampu .

Dan ciptakan Sekolah yang bermartabat ,gotong royong dan pertisipatif .
Untuk menjadikan sekolah itu menjadi bermarwah dan bermartabat ,sebelum melakukan pengutipan seperti yang diduga dilakukan oleh Plt Kasek SMK N I Batang Cinaku ,mesti nya Sekolah harus membuat RAPBS ,kalau ada sumber sumber lain yang akan dicari dimasukkan dalam RAPBS dan disetujui oleh Disdik jelas nya
** js .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *