PemerintahanRohil

Penghulu Pulau Halang Hulu Berharap Masyarakat Dapat Bantuan Perlengkapan Nelayan Dari Pemerintah Rohil.


BAGAN SIAPIAPI,Riau Andalas Com-Pulau halang  merupakan kampung terpencil penduduk nya juga ramai terdiri dari berbagai suku dan masyarakatnya sehari hari mayoritas pekerja sebagai nelayan untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

Menanggapi hal itu,Penghulu Pulau Halang Hulu Kecamatan Babussalam Hendri Gunawan yang baru beberapa bulan menjabat Penghulu hasil pilihan masyarakat prihatin melihat perekonomian yang berjalan ditengah tengah masyarakat pulau halang.

Motiv dari melemahnya perekonomian di Pulau Halang Dikatakan Hendri, Hasil nelayan sekarang sudah merosot jauh jika dibandingkan dari tahun sebelumya karena pulau halang itu daerah pesisir dan mayoritas masyarakatnya sebagai nelayan tentunya hal ini masyarakat butuh bantuan dari Pemerintah Daerah turun kepulau halang untuk melihat secara langsung membantu.

“Yang jelas hasil nelayan saat ini jauh merosotnya sehingga dampak melemahnya dari segi perekonomian,
untuk itu lah karena masyarakat disini mayoritas nelayan hendaknya Pemerintah membantu supaya masyarakat nelayan kita terbantu minimal alat tangkap Ikan,”Kata Hendri dikediaman Rumahnya di Rt 004/RW/002,Senin (27/02/2017).

Diakauinya,belum pernah ada istilah bantuan kucuran berupa perahu nelayan baik itu 1,5 GT dan berapa GT lainnya yang sudah diakomodir dipulau halang tersebut.sementara bantuan daerah lain banyak sudah trealisasi kalau dilihat secara mata kasat.

“jadi kenapa untuk pulau halang ini bisa tergendala dan apa faktornya sehingga bantuan nelayan disini tidak terkucur dengan maksimal baik.Jadi artinya dengan siapa kita harus berhubungan dari(SKPD)mana, setidaknya kan kita harus tahu minimal seperti itu,”Terang Penghulu Pulau Halang Hulu yang baru enam(6)bulan itu menjabat.

Dijelaskan Hendri,bahwa  Masyarakatnya untuk menambah pencairan hasil nelayan itu rasanya rumit untuk didapatkan lantaran tidak ada campur tangan oleh Pemerintah Daerah otomotis kalau sendiri tanpa berganding dengan Pemerintah tidak bisa berbuat apa apa apa lagi alat tangkap nelayan pulau halang itu kurang memadai atau tidak memuaskan untuk dihandalkan.

“gendala nelayan sini hanya alat tangkap,misalnya seperti jaring,memang dulu ada bantuan jaring dari dinas Perikanan tapi saat ini nampaknya belum bisa keluar lagi,”Imbuhnya.

Selain bantuan jaring,bantuan bot juga dari dulu sampai sekarang belum pernah trealisasi dipulau halang hulu tersebut hanya cuma katanya dulu ada melalui bantuan proposal,tetapi sudah dibuat hingga kini tidak kunjung juga  terakomodir maksimal baik.

Bantuan yang diajukan lanjut Hendri,Diantara Pada tahun 2015,ketika dirinya dan 
kelompok nelayan masyarakat pernah membuat bantuan bot melalui proposal pada saat itu bantuan Ingka bina direalisasikan oleh pemerintah namun proposal yang sudah diajukannya sampai detik ini belum ada titik terangnya seperti apa responnya.

Menurutnya,bantuan jenis bot dipulau halang hulu ini belum pernah membuahkan hasil yang tepat padahal masyarakatnya sangat mengharapkan betul-betul bantuan bot dari Pemerintah Daerah,karena dari kemarin waktu acara musrenbang dipulau halang bantuan bot tersebut,kalau bisa Pemerintah Daerah membantu dalam setahun sekali perunit dengan cara bertahap diberikan kemasyarakat nelayan.

“Musrenbag januari 2017,lalu cuma harapan masyarakat nelayan kemarin kalau tidak bot alat tangkap dan mesin dibantu oleh Pemerintah.
karena yang pernah mendapat bantuan alat tangkap datanya sudah ada didinas Perikanan Rohil.
sebab,kelompk nelayan sampai sekarang masih ada,jadi kalau masyarakat itu ingin alat tangkap berkemungkinan alat tangkaplah yang diterima mereka,”katanya.

Hendri berharap kepada  Pemerintah Daerah hendaknya bantulah nelayannya paling tidak entah setahun 3 unit atau berapa unitnya sebagaimana caranya meskipun pelan pelan supaya nelayannya memiliki dan menerima keadilan,melainkan juga jangan masyarakat luar saja yang dapat bantuan yang berupa nelayan tersebut.

“masyarakat dipulau halang hulu ini mayoritas nelayan daerahnya juga daerah pesisir jadi untuk itu lah sekali lagi kita harapkan kepada Pemerintah Daerah harus melihat kondisi disini turun langsung sebagaimana masyarakat kita yang sehari hari nya bekerja sebagai nelayan.jadi kalau Pemerintah Daerah memperhatikan nelayan kita tentunya nanti untuk meningkat hasil(PAD)juga sehingga akan makmur,dan adanya bantuan dari Pemetintah Daerah ini   perekonomian masyarakat pun  lebih baik dan meningkat,”pungkasnya
.(said)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *