advertorialBisnis&EkonomiGaleriRiau

BRK Berikan Anugerah UMKM Awards pada 20 Pelaku UMKM Riau dan Kepri

Support Pelaku Usaha Melalui Penghargaan

brrk

 

PEKANBARU, Riau Andalas.com – Bank Riau Kepri kembali berikan penghargaan atau Awards pada pelaku UMKM di Riau.

Penyerahan anugerah UMKM Awards 2016 tersebut merupakan kegiatan ke-8 yang diselenggarakan Bank Riau Kepri setiap tahun. Dimana penghargaan tersebut diberikan pada 20 dari 160 pelaku UMKM yang penilaianya diambil dari empat kategori. Yaitu, usaha keci untuk jasa/perdagangan. Kedua, kategori usaha kecil untuk produksi dan ketiga usaha mikro untuk jasa/perdagangan serta keempat, usaha mikro untuk produksi.

Menurut Dirut Bank Riau Kepri Dr. Irvandi Gustari, pemberian penghargaan tersebut merupakan salah satu langkah untuk mensupport dan mendukung para pelaku usaha dalam menjalankan usaha. Dimana penilaian ini dilakukan secara merata pada pelaku UMKM yang ada di Riau.

Sedangkan untuk pemberian penghargaannya sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana yang menerima penghargaan kali ini tidak lagi pada pelaku UMKM, tapi melalui kepala daerah masing-masing kabupaten kota yang dinilai telah berhasil memberikan pembinaan pada UMKM.

Semetara untuk penyerahan penghargaan tersebut katanya, akan dilaksanakan Jumat (28/10) depan yang akan di serahkan langsung oleh Gubernur Riau.

“Yang pasti kita berharap, penghargaan ini menjadi pemicu bagi pihak yang belum mendapatkan. Sehingga mampu untuk lebih baik ditahun berikutnya,” kata Irvandi.

Disisi lain tim juri UMKM Erva, menyatakan, penilaian atau Implementasi yang dilakukan dilapangan untuk penilaian ini dilakukan mulai dari tingkat pelayanan. Dimana untuk pelayanan di daerah termasuk luar biasa yang hampir merata memiliki pelayanan bagus. Namun, dari yang bagus dan baik itu tentu ada lagi yang lebih bagus yang jadi catatan bagi tim juri.

“Kami menilai dari 169 UMKM dan diferifikasi jadi 40, dari 40 diverifikasi lagi menjadi 20 dan 20 inilah yang diberikan penghargaan,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan, Komisaris Utama Bank Riau Kepri HM Bambang Mit. Dikatakanya penghargaan itu juga merupakan bentuk komitmen Bank Riau Kepri terhadap pelaku UMKM. Terutama pada UMKM yang dianggap sukses dan mampu memberikan dampak positif bagi industri kecil di Riau maupun di Kepulauan Riau. Dimana UMKM sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi daerah, sehingga perlu diberikan penghargaan setiap tahunnya.

“Ini merupakan komitment Bank Riau Kepri dalam membantu pemerintah untuk melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap UMKM di Riau, maka itu kita berharap mampu mensupport pelaku UMKM kedepannya,” tutur mantan Wagubri ini. 

 

umkm-awards-brk

Bank Riau Kepri kembali berikan Anugerah UMKM Awards pada 20 masyarakat pelaku UMKM Riau dan Kepri.

Kegiatan yang merupakan ke-8 dan memasuki tahun ke-8 tersebut, sebagai bentuk komitmen Bank Riau Kepri dalam menumbuhkan UMKM dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Riau dan Kepri. Dimana Anugerah Awadr itu juga merupakan wujud apresiasi bagi pelaku dalam menjalankan usaha.

Menurut Dirut Bank Riau Kepri Dr Irvandi, pemberian Anugerah tersebut sebagai bukti Bank Riau kepri terus berbenah dan fokus terhadap perkembangan UMKM dari tahun ke tahun. Dimana untuk UMKM itu tidak hanya dilakukan penyaluran kredit tapi juga pembinaan, pendampingan serta pemberian penghargaan bagi debitur.

Dijelaskannya, Saat ini Bank Riau Kepri telah menyalurkan kredit kepada 26 ribu debitur UMKM di Provinsi Riau dan Kepri, yang jumlah Outstanding kredit UMKM sudah mencapai lebih kurang Rp. 2,2 triliun. Dimana sesuai kondisi dilapangan perjalanan usaha UMKM masyarakat berjalan lancar meski dalam perekonomian saat ini kurang stabil.

Sedangkan terkait pemberian penghargaan, penilaian diberikan pada tingkat yang lebih baik dalam menjalankan usaha. Dimana penjurian dilakukan secara Independen oleh 3 Dewan Juri yang berkompeten sesuai bidang dan seterusnya diseleksi sampai tingkat yang terbaik.

Lebih jauh ia menjelaskan, untuk penghargaan ini tidak lagi diberikan pada pelaku usaha. Tapi pada kepala daerah selaku pihak yang dinilai telah sukses dalam pembinaan. Sedangkan untuk pelaku UMKM sediri diberikan berupa penghargaan prestasi.

“Dari 20 yang terbaik itu kita berikan lagi penghargaan terbaiknya, dan itu lansung diberikan pada pelaku usaha,” kata Irvandi di sela-sela penyerahan Anugerah Award UMKM ke -8 Jumat (27/10) malam lau di Menara dang merdu BRK.

Kegiatan yang juga di hadiri Gubernur Riau yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Riau, Masperi memberikan apresiasi yang setinggi-tinggi pada Banl riau Kepri. Dimana sengan adanya penghargaan terhadap para pelaku UMKM ini akan mampu menjadi inspirasi dan inovasi bagi pelaku usaha. Apalagi award ini telah berjalan delapan tahun berturut-turut setiap tahun.

“Ini kegiatan luar biasa, dan kegiatan ini juga turut membantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian rakyat,” katanya.

Ia mengatakan pelaku UMKM sangat berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama dalam memenuhi kebutuhan serta menyerap tenaga kerja yang ada. Apalagi pelaku UMKM dapat mendorong perubahan serta sektoral serta tumbuh dan berkembang secara konsisten.

“Hal ini terlihat dalam penyerapan tenaga kerja yang terjadi. Seperti diketahun tahun 2009 tenaga kerja dikarenakan berkembangnya UMK sekitar 96,2 juta dan terjadi peningkatan di tahun 2013 sekitar 114, 2 juta. Kita harapkan penyerapan jumlah tenaga kerja meningkat sering dengan peningkatan pelaku UMKM di Riau,” ujarnya.

Disisi lain Kepala Humas Bank Riau Kepri Winovri menyampaikan, adapun penilai yang diberikan pada pelaku UMKM itu ada empat kategori, yaitu kategori usaha mikro jasa/perdagangan, kategori mikro produksi/industri, kategori usaha kecil jasa/perdagangan, kategori usaha kecil produksi yang masing-masing kategori diberikan penghargaan.

Adapun pemenang dari kategori tersebut kata Winovri adalah.

Kategori usaha mikro jasa/perdagangan, Juara I diraih oleh Suryono, dengan jenis usaha Agribisnis kebun kelapa sawit dan peternakan di Kampar. Juara II, Harison pemilik Champion Burger di Duri Bengkalis, juara ketiga Wan Jupardan pemilik US Wan Zuhri penjualan mesin di Pekanbaru, juara harapan pertama Sarwon pemilik produksi tahu dan peternak bebek di Pelalawan, dan juara harapa kedua Asni Zarwan pemilik pangkas rambut Idola di Rokan Hulu.
Kemudian, kategori usaha kecil-produksi, juara pertama diraih oleh Devi Susanti pemilik Tenun Putri Mas di Bengkalis, juara kedua Hadi Yudin pemilik Mie ADIS di Bengkalis, juara ketiga Muhammad Imanullah pemilik kedai kopi Iman di Bintan Kepri, juara harapan pertama Salfian pemilik toko Restu Bunda-santan di Indragiri Hulu, dan juara harapan kedua Subandi pemilik Kerupuk Kemplang 999 di Tanjung Balai Karimun Kepri.

Selanjutnya, kategori usaha kecil jasa/perdagangan, juara pertama diraih Suratmin pemilik sate Dono di Capem Belilas, juara kedua Naprial pemilik futsal dari Kuansing, Juara ketiga Suharyanto percetakan di Pekanbaru, juara harapan pertama Benny Suparman pemilik sarung jok di Pekanbaru dan juara harapan kedua Dasril pnjualan sepeda motor Kawasaki Greentech di Kuansing.
Terakhir, kategori mikro produksi dan industri juara pertama dimenangkan oleh Jamilah pemilik usaha pengrajin Tempe Cabang Selat Panjang, Juara Dua Maladi pengrajin besi Cabang Belilas Indragiri Hulu, Juara Ketiga Dahniar pemilik produksi ikan iris, Natuna Kepulauan Riau, juara harapan pertama Deni Faniardi pemilik produksi Jamur Tiram Perawan Kabupaten Siak, juara harapan kedua Syukur pemilik usaha Batako Tanjung Balai Kerimun Kepulauan Riau.
Dari 1.500 tamu undangan yang hadir, tampak dalam acara tersebut diantaranya Ketua DPRD Riau, Septina Primawati Rusli, Bupati Siak Syamsuar, Bupati Kampar H. Jefri Noer, Bupati Bintan Apri Sujadi, Bupati Anambas Abdul Haris, Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto, Asisten I Kota Tanjung Pinang Drs. Mekhwanizar, MM, Asisten II Kabupaten Karimun Hj. Sensisiana, Plt. Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, Kepala Dinas Koperasi UKM Natuna Sri Hari Ningsih, Wakil Bupati Rokan Hilir Jamiluddin, Wakil Bupati Kuansing bH. Halim, Plt. Sekda Bengkalis A. Arianto, Asisten II Kabupaten Pelalawan H. Atmonadi, Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Dumai Hendra Kamal dan Forkompinda. Hadir juga Kepala BPKP Riau Sueb Cahyadi, Ketua PSMTI Riau Peng Suyoto, Sedangkan dari Bank Riau Kepri terlihat hadir Komisaris Utama H.R Mambang Mit, Komisaris Rivai Rahman, Direktur Utama DR. Irvandi Gustari, Direktur Kepatuhan Eka Afriadi,  Pemimpin Divisi, Pemimpin Bagian, Kepala Cabang, Kepala Cabang Pembantu dan Kepala Kedai BRK dan para debitur nasabah BRK.

Untuk kategori Usaha Kecil Produksi dan Industri:

Juara harapan 2 diraih, Suabandi, Kabupaten Tanjung Balai Karimun, jenis usaha kerupuk ikan.
Juara harapan 1: sopian, Kabupaten Indragiri Hulu, jenis usaha pengolahan santan. Juara 3: Muhamad Imanullah, Kabupaten Bintan Kepri, jenis usaha penholahan dan penjualan kopi.
Juara 2: Hariyudin, Kabupaten Bengkalis, jenis usaha pembuatan mie basah.
Juara 1: Devi Susanti, Kabupaten Bengkalis, jenis usaha tenun khas bengkalis.

Usaha Kecil Perdagangan dan Jasa, Juara Harapan 2: Dasril, jual sepeda motor, Kabupaten Kuantan Singingi. Juara Harapan 1: Benny Suparman, jual sarung jok dan bengkel, Kota Pekanbaru.
Juara 3: Suharyanto, percetakan, Kota Pekanbaru. Juara 2: Nafrial, sewa lapangan futsal dan cucian mobil Kabupaten Kuantan Singingi.
Juara 1: Suratmin, rumah makan dan restoran sate dono, Kabupaten Indragiri Hulu.

Usaha Mikro Produksi dan Industri, Juara Harapan 2: Syukur, produksi batako, Kabupaten Karimun. Juara Harapan 1: Deni Faniardi, Produksi Jamur Tiram, Kabupaten Siak. Juara 3: Dahniar, produksi kerupuk ikan, Kabupaten Natuna. Juara 2: Maladi, pengrajin besi Kabupaten Indragiri Hulu. Juara 1: Jamilah, industri tempe, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Terakhir Usaha Mikro Jasa Perdagangan, Juara Harapan 2: Asmi Zarwan, pangkas rambut, Kabupaten Rokan Hulu. Juara Harapan 1: Bawon, produksi tahu dan kebun sawit serta bebek, Kabupaten Pelalawan. Juara 3: Wan Jupardan, jual mesin, Kota Pekanbaru. Juara 2: Harison, usaha jual burger, Kabupaten Bengkalis.
Juara 1: Suyono, usaha kelapa sawit dan ternak kelinci serta sapi (agribisnis), Kabupaten Kampar.

 

Riau Expo 2016, BRK Raih Juara I Stan Terbaik

img-20161101-wa0018

Bank Riau Kepri berhasil raih prestasi gemilang pada ajang Riau Expo 2016 di SKA Co Ex Pekanbaru, yaitu Juara I Stan terbaik non pemerintahan dalam kategori penampilan, pelayanan, promosi dan informasi untuk masyarakat.

Keberhasilan prestasi yang diraih Bank Riau Kepri tersebut merupakan, salah satu bukti keseriusan BRK dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Terutama dalam mempromosikan produk Bank Riau Kepri untuk masyarakat. Seperti tabungan, kredit dan program pemerintah lainya yang dipercayakan pada Bank Riau Kepri.
Menurut Kordinator Stan Bank Riau Kepri Rajiv Dharma, keberhasilan prestasi tersebut tidak lepas dari kerja keras pihak Bank Riau Kepri secara bersama. Intinya kerjasama dalam meningkatkan kinerja dan image Bank Riau Kepri sebagai BPD Riau yang melayani masyarakat sepenuh hati.

Sedangkan terkait sasaran tingkat promosi tersebut, untuk masyarakat sendiri yang lebih pada promosi program yang dimiliki Bank Riau Kepri untuk masyarak seperti program menabung yang memberikan kenyamanan pada masyarakat.

“Sasaran promosi ini diberikan untuk umum, mulai dari tingkat anak-anak hingga dewasa, terutama dalam menambung yng nberbagai program unggulan dari Bank Riau Kepri,” kata Rajiv.

Disisi lain Direktur Utama Bank Riau Kepri Dr. Irvandi Gustari, menyampaikan kegiatan tersebut merupakan langkah Bank Riau Kepri terus berbenah, terutama dalam meningkatkan gerakan menambung untuk masyarakat yang sasaranya mulai dari tingkat anak-anak hingga dewasa.

Jauh hari sebelumnya katanya, untuk meningkat program menambung dari masyarakat, pihaknya sudah melalukan berbagai kegiatan maupun program untuk masyarakat. Diantaramya dalam merangkul kerjasama didunia pendidikan, dimana dalam kerjasama itu Bank Riau Kepri memberikan berbagai pelayanan, seperti memberikan pelayanan ATM melalui kartu mahasiswa yang programnya sama dengan ATM yang dikeluarkan BRK.

“Mudah-mudahan dengan ada prestasi ini, bisa menjadi spirit untuk BRK dalam meningkatkan kinerja. Sehingga tidak hanya berpuas diri dengan yan sudah diraih,” tutur Irvandi.

Lebih jauh kata mantan Dirut MNC Jakarta ini, saat Bank Riau kepri terus menggesah program peningkatkan Dana Pihak Ketiga (DPK) di dua Provinsi yang menjadi wilayah BRK, yaitu Riau dan Kepri, Dimana pada tahun 2016 ini DPK BRK sudah menembus angka 726 ribuan nasabah. Diharapkan dengan adanya penggesahan-penggesahan promosi itu terus mampu meningkatkan DPK BRK kedepan.

“Kegiatan promosi ini terus dilakukan di setiap daerah, salah satunya melalui pameran ini,” tutur Irvandi. (Adv)**

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *