Hukum&KriminalPemerintahanRiau

Serius Perangi Korupsi, Pemprov Riau Bangun Tugu dan Lapangan Orasi

adn_9553
– Dewan : Pemprov Riau salah pengertian

PEKANBARU, Riau Andalas.com – Serius perangi korupsi di daerah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau wacanakan bangun tugu atau menumen Anti Korupsi di halaman Kantor Gubernur Riau. Dimana pembangunan tugu tersebut menambah koleksi tugu yang sudah ada di Kota Pekanbaru.

Sedangkan untuk pembangunannya akan dilaksanakan pada kegiatan peringatan HAKI-RIN Internasional 7 Desember 2016 mendatang yang akan diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPK) di Riau. Termasuk lokasi orasi yang akan ditempatkan pada Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dibangun dibekas kantor PU Riau Jalan Ahmad Yani.

Namun perencanaan tersebut mendapat kritikan dari DPRD Riau, karena untuk memerangi dan mengatasi korupsi tersebut tidak harus dengan membangun monumen, tapi perubahan sistem dan pengawasan, kontrol dari kepala daerah.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi A DPRD Riau Taufik Arrakhman, jika untuk mengatasi korupsi kepala daerah harus merubah sistem dan meningkat kinerja di pemerintahan. Terutama dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan meningkatkan perekonomian.

Dijelaskannya, yang namanya korupsi itu tidak hanya mengambil uang rakyat, tapi juga pemborosan anggaran seperti penggunaan yang tidak sesuai pada kebutuhan. Salah satunya pembangunan tugu ini yang juga membutuhkan anggaran besar.

“Coba kalau anggaran itu diprogramkan untuk masyarakat, pasti banyak manfaatnya,” kata Taufik.

Selain itu katanya, pembangunan monumen itu tidak juga merupakan lambang bebas dari korupsi selagi pemerintah tidak melakukan perubahan. Tapi kalau pemerintah mampu meningkatkan perekonomian masyarakat itu bisa jadi bukti daerah bebas dari korupsi.

“Masyarakat tidak akan paham dengan tugu, tapi masyarakat akan melihat pada apa yang dibuat pemerintah. Untuk itu, kita menyarankan pembanguan itu dipertimbangkan lagi oleh Pemprov Riau,” tutur poltisi Gerindra ini. (Dri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *