PemerintahanRohulSosial&Budaya

Pemkab Rohul Harus Lakukan Evaluasi Terkait Pengamanan MTQ ke 16 tingkat Kabupaten

tokoh-masyarakat-rohul-syaiful-anwar-nasution

ROKAN HULU, Riau Andalas.com -Meskipun penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 16 tingkat Kabupaten Rokan Hulu yang dipusatkan di Kawasan Lapangan Dataran Tinggi Pematang Baih Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah yang berlangsung meriah, semarak dan berjalan sukses.

Namun event keagamaan yang sudah menjadi agenda rutin tahunan itu, perlu dilakukan evaluasi menyeluruh oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.
Salah satunya yang harus menjadi perhatian dan evaluasi, dalam hal
pengamanan dari para pengunjung terutama masyarakat dari 16 kecamatan maupun luar Rokan Hulu yang berdatangan ke Kota Pasirpengaraian ini, merasa nyaman dan tidak dirugikan ketika mereka menyaksikan pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten

Tokoh Masyarakat Rokan Hulu Syaiful Anwar Nasution kepada Media ini Jumat (9/9) menyebutkan, helat MTQ ke 16 tingkat Kabupaten Rohul yang berlangsung 1-5 September 2016 lalu berjalan sukses. Atas kerjasama instansi terkait dengan Panitia Pelaksana MTQ ke 16 tingkat Kabupaten Rohul.

Tapi khusus untuk bidang pengamanan bagi para pengunjung yang
menyaksikan pelaksanaan MTQ ke 16 tingkat Kabupaten Rohul harus dievaluasi oleh Pemkab Rohul maupun panitia MTQ tingkat Kabupaten Rohul dimasa mendatang.

Pasalnya, disaat MTQ ke 16 tingkat kabupaten berlangsung, sejumlah pengunjung dari luar Kecamatan Rambah, dirugikan harta bendanya yang dicuri atau dijambret oleh orang tak dikenal.

‘’Paska pelaksanaan MTQ ke 16 tingkat Kabupaten Rohul, sudah ada 3 (tiga) orang masyarakat yang melapor ke saya, mereka menjadi korban dari pelaku jambret dan pencurian. Ada dompet, perhiasan emas dan tas yang diambil lari oleh pelaku tak dikenal. Tentunya, peran dari Panitia pelaksana terutama bidang keamanaan yang seharusnya memberikan rasa aman, nyaman kepada pengunjung MTQ di area Purna Astaka MTQ Riau
itu,’’ ujar mantan Anggota DPRD Rohul periode 2004-2009 itu.

Untuk tidak terulang kembali peristiwa pencurian dan jambret disaat pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Rokan Hulu tahun 2017 mendatang, Syaiful meminta agar pemerintah daerah untuk dapat memprioritaskan dan memperkuat petugas keamanan baik dari Satpol PP maupun pihak kepoisian di lokasi MTQ.

Itu semua, tidak lain bentuk pelayanan dalam memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat maupun pengunjung MTQ Rohul kedepannya.
’’Saya kira kedepan, untuk pengamanan di lokasi MTQ harus menjadi perhatian yang serius oleh Pemkab Rohul,’’ tambahnya.*Alfian*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *