PemerintahanRiauTravel

Dewan Dukung Penggesahan Pariwisata Riau

bakar tongkang 3.7.15

Iven kegiatan efektif tingkatkan promosi

Pekanbaru, Riau Andalas.com– DPRD Riau terus gesah dan dukung program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menuju kota Parwisata sesuai visi misi Riau 2020.

Adapun dukungan tersebut berupa penambahan anggaran sesuai kebutuhan peningkatan promosi pariwisata Riau yang akan dibahas dalam APBD perubahan Riau 2016 mendatang.

Menurut Ketua Komisi E DPRD Riau Masnur, selaku rekan kerja pemerintah yang membidangi Pariwisata Riau, pihaknya siap memberikan fasilitas untuk pengembangan pariwisata sesuai kebutuhan pemerintah. Diantaranya terkait penganggaran yang sebelumnya telah dikoordinasikan Pemprov Riau pada DPRD Riau.

Untuk peningkatan promosi wisata yang ada di Riau tersebut kata Masnur, Pemprov harus memperbanyak kegiatan-kegiatan Iven terkait pariwisata. Pasalnya melalui Iven itu sangat positif untuk meningkatkan promosi wisata di daerah. Seperti Pakan Ikan yang ada di Provinsi Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB). Dimana pakan itu sudah menjadi Iven besar bagi Lombok yang mempu menggait puluh ribuan wisatawan setiap tahunya.

“Untuk bisa membuat kegiatan Iven seprti Lombok tersebut, kita akan upayakan penambahan anggaran untuk pariwisata kita. Agar pariwisata Riau dengan cepat dikenal dan diketahui wisatawan, baik wisatawan lokal maupun macanegara,” kata Masnur Selasa (2/8).

Selanjutnya kata politi Gokar Riau ini, disisi Dewan mempersipkan dukungan, ia juga meminta Pemprov Riau bisa mempersiapkan program dengan baik dan matang. Agar dalam menjalankan program tidak ada kendala yang bisa menyebabkan terganggu penggunaan anggaran. Terutama dalam pebuatan perencanaan yang meski sesuai dengan pengajuan penambahan anggaran.

“Kita tidak mau setelah minta penambahan anggaran tapi tidak bisa menggunakan. Karena anggaran murni sudah jadi pengalaman bagi kita yang sampai saat ini minim penyerapan,” jelasnya.

Sedangkan terkait infrastruktur pendukung lokasi wisata, ia mengakui tidak akan mungkin bisa terealisasi secara maksimal pada tahun 2016 ini. Kendati demikian pihaknya memintak Dinas terkait bisa membuat perencanaan. Agar kedepanya tinggal menjalankan, yang diawali pada APBD Perubahan tahun ini. “Kalau dibangun tahun ini mungkin tidak bisa, tapi harus dibuat perencanaanya, maka itu diharapkan perencanaan itu sudah masuk dalam APBD Perubahan,” ujarnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Riau Fahmizal Usman menyampaik, hingga saat ini terus merancang kegiatan iven untuk pariwisata Riau. Jika sebelumnya telah dilaksanakan di pulau rupat bengkalis kedepanya juga akan dilaksanakan pacu jalur Kuansing yang juga sudah merupakan iven rutinitas dilaksanakan kabupaten Kuansing setiap tahun. Namun kali ini untuk meningkatkan promosi, Pemprov Riau akan turun lansung dalam kegiatan yang intinya ikut dalam menyemarakan kegiatan yang bisa menjadi promosi tingkat nasional.

“Untuk meningkatkan promosi seperti inillah kita membutuhkan anggaran besar, maka itu kita mengajukan dan mengharapkan anggota dewan bisa mempertimbangkan dan memberikan penambahan anggaran untuk Pariwisata Riau,” tutur Fahmizal serambi menyampaikan selama peningkatan promosi yang telah dilakukan selama ini, memberikan hasil positif untuk pariwisata di Riau, terutama dalam meningkatkan kunjungan wisatawan yang terus ada peningkatan. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *