Pemkab Rohul Salurkan Sapi Kekelompok Tani

1 komentar 732 views

Rohul,(Riauandalas.coml)

Bantuan sapi melalui proyek APBN 2015 mulai disalurkan Disnakan Rohul kepada kelompok yang mengajukan proposal melalui E-Proposal. Bantuan budidaya sapi ini diharapkan dapat mewujudkan Rokan Hulu swasembada daging tahun 2019.

Pemkab Rohul terus melakukan berbagai terobosan pengembangan hewan ternak sapi. Salah satunya menggalakkan program sapi melalui kegiatan kelompok sapi potong dan sistem integrasi tanaman ternak dan ruminansia dengan menggunakan alokasi anggaran yang bersumber dari APBN 2015.

Anehnya, Kepala Disnakan Rohul Drs. Marjoko saat di temui www.riau-global.com mengelak saat ditanyakan tentang bantuan proyek sapi APBN 2015. Bahkan beliau menyampaikan kepada media untuk tidak mempublikasikan berita tersebut, karena dikhawatirkan nantinya banyak permintaan dari kelompok yang tidak mendapatkan bantuan dari program APBN tersebut.

“Sangat disayangkan Badan Publik seperti Disnakan Rohul tidak kooperatif dalam memberikan informasi kepada masyarakat luas”.

Pada kesempatan yang berbeda Kasi Sarana dan Prasarana Disnakan Rohul Dony menyampaikan, program bantuan sapi yang bersumber dari APBN 2015 ini akan disalurkan kepada 7 (tujuh)  kelompok diantaranya 2 kelompok sapi potong dan 5 kelompok integrasi tanaman ternak dan ruminansia.

Untuk program sapi potong masing-masing menerima bantuan 30 ekor sapi / per kelompok. Sedangkan untuk program integrasi mendapatkan 20 ekor sapi / per kelompok, jelasnya.

Pada tahun ini kelompok yang mendapatkan bantuan sapi dari proyek APBN 2015 untuk program budidaya sapi potong adalah kelompok Desa Pasir Jaya dan Desa Sialang Rindang. Sedangkan untuk program integrasi tanaman ternak dan ruminansia diterima oleh kelompok Cindur Jaya (Mahato), Bukit Kembar (Mahato), Pasir Utama, Kumu Baru (R. Hilir), dan Kepenuhan Raya (Kepenuhan).

Selain itu, setiap kelompok khususnya program integrasi tanaman ternak dan ruminansia juga akan diberikan bantuan berupa mesin cooper (mesin cacah pakan ternak) dan APOO (mesin pembuat pupuk organik) masing-masing 1 unit per kelompok dan ditambah bantuan bahan kandang berupa : seng, kayu, pasir cor lantai, dan semen.

“Kita berharap dengan adanya bantuan sapi ini dapat memberikan manfaat luas bagi kelompok ternak penerima bantuan khususnya dan masyarakat Rohul umumnya. Populasi sapi di Rohul terus berkembang dan meningkat, sehingga target swasembada daging dapat tercapai”, terangnya.(sumber RG)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "Pemkab Rohul Salurkan Sapi Kekelompok Tani"