PendidikanRohul

Kasatlantas Polres rohul Fokuskan Penyuluhan Lalin ke Masyarakat dan Pelajar

kasat-lantas-polres-rohul-dasmaliki-2

ROKAN HULU, Riau Andalas.com – Kasat lantas Polres rohul Berupaya menekan angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di wilayah hukum Polres Rokan Hulu (Rohul), Kepala Satuan Polisi Lalu lintas (Kasatlantas) AKP Dasmaliki akan fokuskan lakukan penyuluhan lalulintas (lalin) ke masyarakat termasuk para pelajar di sekolah-sekolah.

Hal itu disampaikan kepada sejumlah awak media Di ruang kerjanya , Rabu (2/11/2016), saat di konfirmasi terkait program dan langkah Satlantas Polres Rohul dalam menekan angka lakalantas, yang sejak sebulan terakhir ini semakin meningkat.

Meskipun Kasat Lantas belum memberikan data jumlah lakalantas sejak sebulan terakhir ini, namun dirinya mengakui Lakalantas di Rohul meningkat. Karena dari berberapa kejadian lakalantas di wilayah hukum Polres Rohul, sejumlah korbannya meninggal dunia, umumnya dari pengendara sepeda motor.

“Kita akan melakukan penyuluhan ke masyarakat termasuk pelajar di sekolah-sekolah, kita akan berikan pemahaman ke masyarakat. Seperti memgangkut orang dengan gunakan mobil bak terbuka (pik up) yang selama ini kita lihat, dan itu sebenarnya tidak dibolehkan karena akan berakibat fatal bagi pengguna mobil pick up yang membawa barang dan membawa penumpang di belakangnya sebab itu kan sudah ada aturannya.  

Kemudian lagi kita akan melakukan berbagai upaya, dengan menempatkan personil Lantas setiap pagi, siang dan sore hari di titik rawan Lakalantas itu semua untuk menekan terjadinya lakalantas,” jelas Dasmaliki,

 

Dirinya juga menyatakan, dari analisa sepanjang jalan raya dari Kecamatan Kabun hingga Kecamatan Tambusai yang berbatasan langsung dengan Padang Lawas, Sumatera Utara, itu merupakan daerah rawan lakalantas.,

Penyebabnya banyak faktor bukan hanya human eror (kesalahan manusia red) namun faktor kurang pas kemiringan jalan, kurangnya penerangan, minimnya penunjuk jalan (rambu-rambu) dan jalan rusak serta berlubang ini juga jadi Penyebab faktor  lakalantas. Ungkapnya

 

Lebih lanjut Dasmaliki yang baru menjabat Kasat lantas di polres rohul yang sebelumnya Bertugas di kabupaten Kampar akan Berupaya semaksimal mungkin dalam menekan angka lakalantas di Rohul dan ini merupakan program prioritas dan atensi saya,

Dengan menghimbau ke masyarakat serta pelajar di Rohul. Selain itu, antisipasi lain dalam Meminimalisir angka lakalantas dengan menempatkan personil kita di lapangan dengan berpatroli langsung setiap saat. Karena sesuai UU kepolisian, keberadaan polisi sangat berperan penting selain menekan angka kriminalitas juga cegah terjadinya lakalantas,” ungkap Kasat Lantas.

 

Namun dirinya, akan lekukan pembenahan internal personilnya dulu, dengan berikan pelatihan ke anggota kita. Agar, kedepannya mereka memahami Tupoksinya sebagai anggota Polri sehingga akan tercipta keamanaan dan kenyamanan, termasuk dibidang lalu lintas. ** ( Alfian )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *