PemerintahanPendidikanRiau

Kemendikbud Anggaran pembangunan SGD di Daerah

disdik

– Disdikbud Riau sudah ajukan data sekolah

PEKANBARU, Riau Andalas.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy akui menyoroti standar pembangunan sekolah masih jauh dibawah kelayakan. Untuk itu ia menganggarkan pembangunan untuk sekolah-sekolah didaerah. Terutama Sekolah dasar yang merupakan Sekolah Garis Depan (SGD) yang terdapat di daerah 3T (Terpencil, Terluar dan Tertinggal).

Disampaikanyan, standar sekolah inpres yang ada saat ini tidak sesuai lagi dengan era perekmbangan sekarang yang sudah serba canggih dan berbasi Informasi Tekonologi (IT). Dimana sebelumnya telah di survei dan ditinjau diseluruh daerah, termasuk Provinsi Riau yang akan diberikan bantuan pembangunan.

Menurut Muhadjir, untuk permbangunan itu kementrian telah mengusulkan anggaran dan disahkan oleh DPR RI yang telah menyatakan mendukung meningkatkan standar pembangunan sekolah dari inpres ke modern.‎ Agar kualitas pendidikan di Indonesia bisa meningkat, baik dari siswa maupun fisik sekolah.

‎Sesuai data Kemendikbud tambahnya, pada tajun 2015, pemerintah telah merehablitasi sekitar 13.403 ruang belajar, membangun 698 Unit Sekolah Baru (USB-), dan 12.385 Ruang Kelas Baru (RKB-).

Sedangkan di 2016 ini Kemendikbud membangun 114 Sekolah Garis Depan (SGD) di berbagai daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal). Dimana untuk pengembangan kedepanya Komisi X DPR RI dan Mendikbud telah menyepakati anggaran sebesar Rp 39,82 triliun untuk 2017 mendatang yang sudah siap direalisasikan.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Riau Dr Kamsol MM, sudah mendapat informasi dari kemndikbud, bahkan pihaknya sebelumnya sudah memasukan data sekolah yang ada di Riau. Terutama sekolah yang ada di daerah 3 T yang tinggal perealisasian oleh Kemendiknud).

“Untuk Riau data sudah dimiliki Kemendikbud, intinya untuk pembangunan itu tinggal perealisasian,” kata kamsol.

Terkait daerah 3 T yang ada di Riau jelas kamsol ada beberapa Kabupaten yang sangat membutuhkan, diantaranmya Kepulauan Meranti, Inhu, Inhil dan lainya yang data-datanya sudah diserahkan pada Kemndikbud.

“Mudah-mudahan pembangunan yang diberikan Kemndikbud kedepan, sesuai dengan data yang diajukan Riau. Sehingga kedepanya tidak ada lagi sekolah di Riau yang dibawah standar,” tutur Kamsol mengakui untuk daerah 3 T sekolah di Riau masih jauh dibawah standar, terutma tingkat SD. (Dri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *