PemerintahanRiau

Bangun SPAM Durolis, Kementrian PU Kucurkan Rp99 M

Dwi Agus

PEKANBARU, Riau Andalas.com– Tuntaskan proyek air bersih Dumai, Rokan Hilir dan Bengkalis (Durolis), Kementrian PU kuncurkan Aanggaran Perbelanjaan Negara (APBN) sebesar Rp 99 Miliar. Rp79 Miliar dari Kementrian PU dan Rp22 Miliar dari Dirjen Intake Kementrian PU.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Dinas Ciptada Riau Dwi Agus Sumarno. Dijelaskanyan jika untuk anggaran Rp79 Milar dari Kementrian PU itu sudah ditenderkan, sedangkan dari Dirjen Intake sebesar Rp22 akan ditenderkan desember 2016 ini.

Untuk pelaksanaan direncanakan mulai Januari 2017 mendatang dengan lama pengerjaan 18 bulan yang diperkirakan pertengahan 2018.

“Saat ini tinggal menunggu pemenang dan lansung dilaksanakan,” kata Dwi Agus Rabu (5/10).

Pembangunan SPAM Durolis ini katanya, sebelumnya sudah mulai diselenggarakan yang sistimnya anggaran sharing budget antara pemerintah pusat (APBN), dan daerah (APBD) kabupaten kota yang juga dibantu anggaran Provinsi.

Sedangkan untuk sistim pengerjaanya, Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan Intake termasuk pipa distribusi jaringan utama (DJU) dibangun oleh Pemerintah pusat, sedangkan pemesangan pipa distribusi ke masyarakat diselenggarakan pemerintah daerah yang menggunakan anggaran daerah.

“Intinya pembangunan air bersih Durolis ini segera dituntaskan dan dinikmati masyarakat,” ujarnya.

Terkait lokasi SPAM, ia menjelaskan sudah tersedia lokasi rata-rata luasnya diperkirakan mencapai 4 hektare. Diantaranya Kota Dumai yang terletak Bukit Timah dengan sumber air dari sungai rokan.

“Saat ini kita tinggal menunggu siapa pemenangnya, jika sudah ada lansung dikerjakan,” tutur Dwi (Dr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *