Berita utamaPekanbaruPemerintahanPendidikan

Peringatan HAN 2023 Pekanbaru, Pj Wali Kota Komitmen Perjuangkan Hak Anak.

PEKANBARU,Riauandalas com – Sejumlah penampilan memeriahkan acara peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-39 Tingkat Pemerintah Kota Pekanbaru di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Kamis (23/11/2023).

Acara dengan tema ‘Anak Terlindungi Indonesia Maju’ tersebut menampilkan berbagai pertunjukan lewat pentas seni, seperti tarian, nyanyian hingga penampilan busana yang diikuti sejumlah siswa dari TK, SD, SMP hingga SLB.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun Sstp Map mengapresiasi penampilan dari anak-anak yang menghiasi Peringatan Hari Anak Nasional 2023 di Kota Pekanbaru.

“Kegiatan ini luar biasa, sebab anak-anak ikut berkreasi pada momen Hari Anak Nasional,” paparnya dalam sambutan.

Pemerintah kota pada tahun ini kembali mendapat predikat Kota Layak Anak (KLA) Nindya. Predikat ini keempat kalinya sehingga Muflihun berharap pada tahun depan Kota Pekanbaru mendapat predikat KLA Utama.

Dirinya menyebut bahwa pemerintah kota berupaya melakukan pemenuhan hak dan perlindungan anak. Mereka berupaya agar sekolah dan layanan kesehatan bisa lebih ramah anak.

“Kita juga berupaya menekan angka stunting dengan menggagas program bapak dan bunda anak stunting,” paparnya.

Muflihun tidak menampik banyak anak di Pekanbaru putus sekolah dan harus mencari uang di jalanan.

Dirinya mengaku miris melihat pemandangan anak-anak di jalanan. Ia prihatin masih ada di antara anak-anak itu masih ada yang tidak bisa sekolah.

Banyak dari mereka ternyata tidak sekolah, sedihnya mereka ada yang jualan rokok juga pakai kotak kecil,” ungkapnya.

Muflihun menilai anak-anak tersebut mestinya sibuk bermain dan belajar dengan teman-teman seusianya. Namun keadaan ekonomi membuat anak-anak tersebut berada di jalanan.

“Anak-anak seusia mereka mestinya sedang fokus dalam menempuh pendidikan,” sebutnya.

Dirinya mengatakan, pemerintah kota tetap berupaya melindungi dan memenuhi hak anak. Pemerintah kota sendiri punya program beasiswa agar anak-anak di Kota Pekanbaru bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Muflihun berharap nantinya anak-anak muda Pekanbaru bisa berkarir di kancah nasional hingga nantinya juga bisa membantu membangun Kota Pekanbaru.(rilis)**