PendidikanRohul

Plt Bupati Rokan Hulu Buka Diklat Paskibraka

 

Photo bersama dengan anggota paskibraka di hotel glora bhakti saat pengukuhan

Rokan Hulu, Riau Andalas.com – Plt Bupati Rokan Hulu H.  Sukiman membuka secara resmi acara Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Rohul tahun 2016 di Hotel Gelora Bhakti Pasir Pengaraian, Senin (1/8).

Dalam acara tersebut, hadir Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Rohul H. Zulkifli, SPd, MSi, Ketua Diklat Paskibra Rohul Dahnil, MSi, Danramil 02 Rambah Kapten Arm Alza Septendi, Koordinator dan Pelatih Paskibra dari TNI, Polri dan Purna Paskibra Indonesia serta sejumlah Kepala UPTD dan Kepala SLTA di Rokan Hulu yang anak didiknya menjadi Anggota Paskibra Rohul tahun ini.

Diklat yang dikuti oleh 35 anggota Paskibra Kabupaten Rohul itu,
nantinya akan menjalankan tugasnya sebagai pengibar bendera
merah putih, usai pelaksanaan Detik-detik proklamasi pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 tahun 2016 di halaman kantor Bupati.

Plt Bupati Rohul H. Sukiman kepada wartawan, Senin (1/8) menjelaskan, Anggota Paskibraka Rohul yang akan mengikuti Diklat, mereka memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup berat, tapi tugas yang mereka laksanakan dinilai sangat mulia.
Kendati demikian, Anggota Paskibraka harus menanamkan niat yang ikhlas dan penuh semangat, sehingga tugas itu akan ringan.

Lebih lanjut Sukiman mengatakan selain Anggota Paskibraka Rohul tersebut, mereka orang pilihan dan putra-putri terbaik Rohul yang akan tampil dalam pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini.

Karena dari 35 jumlah Anggota Paskibraka Rohul itu, mereka terpilih melalui proses seleksi yang ketat di 16 kecamatan se Rohul, hingga mereka terpilih untuk tampil mengibarkan Bendera Sang Saka Merah Putih pada upacara peringatan HUT Kemerdekan RI ke-71.

“Saya minta kepada Anggota Paskibraka Rohul yang mengikuti Diklat, agar serius dan tekun mengikuti materi pelatihan yang diberikan maupun latihan fisik dilapangan. Kita yakin anggota Paskibraka Rohul yang terpilih yang mengikuti Diklat ini, mereka mampu menunaikan tugas mulianya nanti,’’ jelasnya.

Selain memotivasi para peserta Diklat Paskibraka, mantan Dandim Inhil itu berpesan kepada peserta Diklat agar dapat mengikuti setiap agenda latihan dengan tekun. Diharapkan dapat membentuk mental, kepribadian dan karakter para anggota Paskibraka yang akan menunjang perkembangan diri mereka.

“Saya harap para pelatih Paskibraka dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebaik-baiknya, dengan melatih dan membimbing adik-adik kita, baik Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan Militer (PPM) serta membentuk kepribadian dan mental mereka nantinya agar sukses dalam melaksanakan tugas mulianya mengibarkan Bendera Merah Putih pada upacara HUT Kemerdekaan RI ke-71 nantinya,” jelasnya.

Ketua Panitia Diklat Paskibraka Rohul Dahnil, MSi menyebutkan, 35 Anggota Paskibraka Rohul yang mengkuti Diklat mereka akan dikarantina atau diinapkan hingga 18 Agustus mendatang di Hotel Gelora Bhakti Pasir Pengaraian.

Anggota Paskibraka Rohul terdiri 18 laki-laki dan 17 perempuan akan bertugas nantinya pada peringatan HUT Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Rohul yang dipusatkan di halaman kantor Bupati.

“Materi Diklat yang akan diberikan kepada 35 Anggota Paskibraka Rohul,” lanjut Kabid Pemora Disdikpora Rohul itu , “materinya sama dengan tahun lalu, diantaranya Peraturan Baris Berbaris, Persiapan Fisik dan Mental,” tambahnya.

Selama Diklat, Anggota Paskibraka akan dilatih oleh instruktur
sebanyak 7 orang diantaranya 4 dari TNI, 3 dari Polri dan satu dari Purna Paskibraka Rohul. “Selama mengikuti Diklat, Anggota Paskibraka Rohul tidak diperbolehkan menginap di rumah. Mereka dikarantina di Hotel Gelora Bhakti Pasir Pengaraian. Sehingga fokus untuk mengikuti latihan dalam rangka persiapan melaksanakan tugas pada 17 Agustus nanti,’’ jelasnya.(Alfian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *