advertorialGaleriLingkunganPemerintahanRohil

Bupati Rohil berkomitmen membawa Rohil Swasembada pangan di bidang pertanian

BAGAN SIAPI-API, Riau Andalas.com – Semenjak kepemimpinan H. Suyatno Bupati Rokan Hilir, kini banyak kemajuan yang dirasakan masyarakat ┬áRohil untuk menuju Kabupaten mandiri di bidang pertanian, berbagai program tersebut bermuara untuk menuju misi untuk swasembada pangan Rohil.

 

Untuk saat ini, berbagai program Pemkab Rokan Hilir, mulai dinas terkait ketahanan pangan, Camat, kepala BPP, kepala UPTD Pertanian Kecamatan, KTNA, serta PPL di rencanakan untuk memprogramkan kemandirian Pertanian. Berbagai program tersebut bermuara pada pembangunan di daerah ini, dimana tujuannya adalah untuk mensejahterakan masyarakat di kabupaten Rohil.

 

Di bidang Pertanian, Bupati Rohil berkomitmen membawa Rohil Swasembada pangan di bidang pertanian. hal ini dilakukan juga dalam menuju program swasembada Nasional tahun 2017 mendatang yang telah di gagas oleh Presiden Joko Widodo.

 

Berbagai program pembangunan Pemkab Rohil di bawah kepemimpinan H. Suyatno itu sedikit banyak telah memberikan bukti nyata bagaimana tekad Pemda Rohil untuk mewujudkan kemandirian pemerintah dan masyarakat.

 

Karena itu, saat ini Pemda Rohil tengah menitikberatkan realisasi program unggulan Kabupaten Rohil yang tengah digesa itu. Diantaranya program-program tersebut yakni Kemandirian swasembada pangan.

 

Untuk melaksanakan itu Pemkab Rohil berupaya memberikan bantuan kepada para pertani Rohil baik itu berupa bibit, pembukaan irigasi, hingga bantuan peralatan penunjang pertanian dalam membuka lahan pertanian.

 

Pembangunan Kabupaten Rohil termasuk di bidang pertanian akan terus menjadi yang terbaik, harapan serta target yang ingin diwujudkan di dalam masa kepemimpinannya. Meski saat ini segala potensi, peluang dan kendala serta permasalahan yang dihadapi terus menggeliat namun itu merupakan bentuk tantangan bagi dirinya dalam membawa Kabupaten Rohil ini agar dapat memposisikan diri sejajar bahkan terdepan diantara daerah otonom lainnya.

jagung 2

Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno berharap kedepan Rohil bisa menjadi pusat percontohan dari program pemerintah pusat yakni meningkatkan swasembada pangan. Pasalnya, Selain masih memiliki lahan yang cukup luas juga sangat berpotensi dan cocok untuk dikembangkan dengan tanaman pangan berupa jagung, Padi, Talas dan kedelai serta palawija lainnya.

 

Menurut Suyatno, Kabupaten Rohil masih ada beberapa kecamatan yang lahannya berpotensi untuk pengembangan tanaman pangan. Di antaranya, kecamatan Pekaitan, Sinaboi, Kubu. Untuk Kecamatan Sinaboi tepatnya di Kepenghuluan Darussalam para petaninya sudah berhasil memanen jagung, ubi dan talas diatas lahan lebih kurang 113 Hakter (Ha).

 

“Nah, kalau ini terus dikembangkan maka tidak tertutup kemungkinan kedepannya kecamatan sinaboi itu nantinya bisa dijadikan sebagai pusat percontohan pengembangan swasembada pangan dan perekonomian masyarakatnya tumbuh maju serta berkembang dengan pesat,” kata Suyatno, belum lama ini di Bagan siapi-api.

 

Selain Kecamatan sinaboi, Kecamatan lainnya seperti Pekaitan dan kubu juga memiliki potensi untuk dikembangkan. Untuk itu Dirinya meminta instansi terkait dalam dalam hal ini Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Rohil untuk memaksimalkan kinerjanya.

Pangan2

“Perda alih fungsi lahan telah disahkan oleh DPRD Rohil, Jadi, Kita harus menjalankannya dengan baik dengan bekerja secara maksimal. Karena perda itu dibuat dan disahkan tujaunnya untuk meningkatkan hasil produksi pertanian dan tanaman pangan lainnya dalam rangka menuju swasembada pangan pada tahun 2017 mendatang,” papar Suyatno( Adv/Hms)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *