Cepat Tanggap Temuan Kuangan, Pemprov Terima Penghargaan dari Kemendagri

110 views

PEKANBARU, Riauandalas.com- Cepat tanggap menindaklanjuti temuan pemeriksaan keuangan yang dilakukan Inspektorat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menerima penghargaan dari Kemendagri.

Penghargaan yang diterima lansung oleh Gubernur Riau, Syamsuar tersebut, diserahkan oleh Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI Tumpak Haposan Simanjuntak. Selasa (31/8) pada acara launching Sinergitas Pengelolaan Bersama MCP dan Rakorwardanas Tahun 2021 di Menara Dan Meraung Bank Riau Kepri.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, jika penghargaan tersebut tidak hanya Riau, tapi kuga diberikan kepada 10 provinsi di Indonesia yang cepat menanggapi dan menindaklanjuti pemeriksaan keuangan dari Inspektorat Kemendagri.

“Jadi ada 10 Provinsi yang diberikan penghargaan dari karena semua hasil pemeriksaan yang telah dilakukan oleh Irjen Kementrian Dalam Negeri sudah ditindaklanjuti tepat waktu oleh pemerintah Provinsi Riau,” ujar Gubri.

Gubri juga mengharapkan, penghargaan tersebut dapat menjadi momen bagi seluruh OPD lingkungan Pemprov Riau kedepan dalam penggunaan anggaran lebih berhati-berhati lagi. Sehingga tidak lagi ada terjadi kesalahan dan menjadi temuan kedepan.

“Jadi, jadikan semua ini sebagai acuan untuk lebih baik lagi kedepannya,” tuturnya.

Sedangkan terkait Monitoring Centre For Prevention (MCP), Syamsuar mengatakan, merupakan satu kesatuan yang melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Kementerian Dalam Negeri.

“Kita sudah melihat launching MCP dan ini merupakan satu kesatuan bersama yang melibatkan KPK, BPKP dan Kementrian Dalam Negeri. Jadi semua hasil dari pemeriksaan yang dilakukan Inspektorat termasuk juga BPKP akan terkoneksi dengan pihak KPK,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau terkait untuk melakukan gerak cepat dalam menindaklanjuti setiap pertemuan sehingga tidak menjadi permasalahan hukum di kemudian hari.

Selain itu, ia berharap dengan terpilihnya Provinsi Riau sebagai salah satu daerah yang mendapat penghargaan ini dapat memotivasi seluruh pihak agar memberikan hasil yang terbaik.

“Tentunya dengan penghargaan ini dapat memotivasi supaya lebih baik lagi di masa yang akan datang,” harapnya.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa dengan adanya konektivas seperti laporan yang disampaikan oleh Kementerian Dalam Negeri Tito Kanavian dapat meningkatkan kinerja seluruh Opd terkait.

“Mudah-mudahan dengan adanya konektivitas ini dapat meningkatkan kinerja kita dimasa yang akan datang sehingga sasaran dan target dalam rangka mewujudkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMD) itu sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat,” tutupnya.(dre)

Tidak ada Respon

Komentar ditutup.